Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan
mengerahkan sebanyak 1.141 personel untuk mengamankan perayaan Natal 2021 di 114 gereja di wilayah tersebut.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah mengatakan, nantinya sejumlah pos pengamanan (pospam) juga didirikan di beberapa titik di wilayah itu.

"Titik-titik pos pengamanan ada 12 titik, kemudian gerejanya ada 114 gereja," kata Azis di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis.

Azis mengatakan, pengamanan Natal juga dilakukan di tempat-tempat umum seperti terminal, stasiun dan tempat wisata. Nantinya setiap petugas akan mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Ada pengamanan stasiun ada terminal, dan pusat perbelanjaan. Termasuk beberapa tempat hiburan itu juga akan kita lakukan penempatan personel supaya dia tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Termasuk tempat wisata," ujar dia.

Baca juga: Polda Metro berlakukan CFN di 10 kawasan di malam Tahun Baru
Baca juga: Pemprov DKI larang kembang api dan petasan pada Natal dan tahun baru


Azis menambahkan, jumlah itu belum termasuk personel cadangan yang ada di Polres Metro Jakarta Selatan dan Polda Metro Jaya.

Adapun saat ini, sejumlah personel sudah ditempatkan di pospam dan beberapa gereja guna memastikan situasi keamanan tempat ibadah jelang perayaan Natal.

"Jadi hari ini kita sudah mulai menempatkan personel, walaupun secara resmi tanggal 24 Desember besok," kata dia.

Menurut Azis, penempatan personel lebih awal itu dilakukan untuk mengetahui situasi keamanan di masing-masing wilayah.

"Kita ingin mengetahui situasi kamtibmas terkini di area masing-masing sehingga besok ketika melaksanakan tugas sudah tahu harus berbuat apa, menggunakan perlengkapan apa dan harus bagaimana bentuk koordinasinya antarinstansi, karena nanti bentuknya gabungan," ujar Azis.

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021