kegiatan masyarakat berakhir pada pukul 22.00 WIB
Jakarta (ANTARA) - Petugas gabungan terdiri dari Polres Metro Jakarta Barat, Kodim 0503, dan Pemerintah Kota Jakarta Barat menerjunkan 2.000 personel untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2022.

Petugas gabungan itu akan mengantisipasi adanya kegiatan kerumunan agar tidak terjadi penyebaran virus COVID-19.

"2.000 personel itu tergabung dalam Operasi Lilin Jaya," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo saat dikonfirmasi di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Kamis.

Ady mengatakan operasi ini akan berlangsung selama 10 hari dari 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Selama itu pula, ribuan petugas itu akan menjaga beberapa titik keramaian di Jakarta Barat.

"Titik keramaian ada empat pertama di Kota Tua, kedua ada di CNI Kembangan, ketiga itu ada di Daan Mogot mall, dan ke empat Pasar Baru. Itu memang titik-titik yang menjadi atensi kita," jelas Ady.

Jika ditemukan keramaian di satu titik fasilitas publik, maka petugas akan mengimbau warga agar membubarkan kerumunan. Pihaknya juga akan membubarkan aktivitas di restoran dan beberapa tempat hiburan malam jika melebihi waktu yang sudah ditentukan.

"Untuk aturan dalam kegiatan Natal dan Tahun Baru ini kegiatan masyarakat berakhir pada pukul 22.00 WIB ya untuk restoran, kafe, bar dan lain-lain," jelas dia.

Selain itu, petugas juga mengimbau warga untuk tidak menggelar pesta petasan atau kembang api saat perayaan tahun baru. Selain karena dapat mengundang kerumunan, kegiatan tersebut bisa memicu terjadinya kebakaran.

"Ada beberapa titik yang sangat padat penduduk itu berpotensi terjadinya kebakaran tentunya kita akan mencoba melakukan kegiatan yang sifatnya pencegahan," jelas dia.

Terlepas dari deretan upaya yang dilakukan polisi itu, Ady tetap berharap masyarakat tidak beraktivitas di luar rumah selama perayaan Natal dan Tahun Baru demi menghentikan penyebaran COVID-19.
Baca juga: 8.000 personel disiapkan untuk amankan Natal dan Tahun Baru di Jakarta
Baca juga: Jakarta tiadakan perayaan Tahun Baru
Baca juga: 790 petugas gabungan amankan Natal dan Tahun Baru di Jakarta Timur

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021