Solo (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Pramono Anung mengatakan, Rapat Kerja Nasional IV PDIP di Solo, 27-28 Januari 2009, akan berlangsung sangat dinamis.

Hal tersebut disampaikan Pramono di sela-sela meninjau kesiapan Rakernas IV PDIP di Hotel Sunan Solo, Senin malam.

Menurut dia, seluruh DPD dan DPC berkesempatan untuk memberikan masukan ke DPP tentang bakal Calon Wakil Presiden yang akan diusung dalam Pemilu 2009.

"Keputusan yang dihasilkan dalam rakernas ini merupakan keputusan yang signifikan, sehingga harus dilakukan secara cermat dan hati-hati" katanya.

Dalam rakernas ini, kata dia, akan dibahas mengenai kriteria cawapres yang akan disandingkan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, tentunya dengan berbagai pertimbangan.

Sejumlah nama yang diusulkan, selanjutnya akan dikerucutkan menjadi dua hingga tiga nama calon.

Sementara itu, menanggapi adanya desakan agar nama cawapres yang akan diusung dalam Pemilu 2009 diumumkan secara langsung dalam rakernas ini, ia mengatakan hal tersebut sangat tergantung situasi yang muncul dalam pelaksanaan rakernas.

"Sejumlah nama yang diusulkan memiliki peluang yang sama untuk diusung menjadi cawapres," katanya.

Adapun tokoh senior PDIP Sabam Sirait mengatakan, asal usul cawapres yang akan diajukan dalam rakernas ini tidak akan dipermasalahkan.

"Kalau memang capres dan cawapres yang akan diusung keduanya berasal dari Pulau Jawa, juga tidak ada masalah," katanya.

Semuanya itu, kata dia, sangat tergantung pada masukan dari masing-masing daerah. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009