Surabaya (ANTARA) - Kepolisian Daerah Jawa Timur mendirikan sebanyak 87 pos pengamanan (pospam) di sejumlah titik untuk mengamankan Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Selain Pospam, nanti di kabupaten/kota juga ada pelaksanaan pengamanan internal gereja," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2021 di Mapolda setempat di Surabaya, Kamis.

Secara keseluruhan, ada sebanyak 9.940 personel kepolisian yang disiagakan untuk mengamankan Hari Raya Natal dan malam pergantian tahun baru pada operasi yang digelar selama 10 hari, mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 tersebut.

Selain itu, juga disiapkan dukungan kekuatan dari Instansi lain, yaitu TNI sejumlah 1.863 personel, pemerintah daerah sejumlah 3.346 personel dan elemen masyarakat yang mengerahkan 2.757 personel.

Baca juga: Polda Jatim bongkar kasus perdagangan perempuan dan anak

"Organisasi masyarakat seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah akan turut menurunkan personel untuk membantu mengamankan Natal dan tahun baru," ucap perwira tinggi Polri berpangkat dua bintang tersebut.

Kapolda Nico menjelaskan pospam pada tahun ini tidak ada penyekatan, namun melaksanakan pengecekan vaksin random.

"Apa yang disyaratkan dalam Inmendagri maupun SE Menteri Agama Nomor 31 agar melengkapi dengan vaksin kedua dan sudah melaksanakan antigen maupun PCR. Nantinya di setiap pospam juga disiapkan vaksin di tempat," katanya.

Irjen Nico meminta masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan di luar rumah saat malam tahun baru agar kasus COVID-19 tak kembali melonjak.

Pada kesempatan sama, Kapolda Jatim bersama jajaran melakukan patroli udara untuk memantau arus lalu lintas di wilayah setempat menjelang Natal dan tahun baru.

Pantauan udara arus lalu lintas melalui udara yang dilakukan Kapolda bertujuan untuk mempersiapkan strategi dan pola pengamanan di titik titik perbatasan baik antar provinsi maupun antar-kabupaten/kota.

"Sehingga harapannya nanti pelaksanaan Natal dan tahun baru 2022 dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar," tutur mantan Kapolda Kalimantan Selatan tersebut.

Baca juga: 28 jenazah korban bencana Semeru telah diambil keluarganya
Baca juga: Polda Jatim turunkan 14 alat berat bantu evakuasi korban Semeru

Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021