Jakarta (ANTARA) - PT SUCOFINDO sebagai anggota Holding BUMN Jasa Survei menerima penghargaan Adhikara Rekayasa dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dalam Sub Kategori Inspeksi dan Pengujian melalui inovasi Jasa Inventarisasi Gas Rumah Kaca (GRK) Berbasis Web dan Perencanaan Dekarbonisasi (iCO-DeCO Design Lab Inventory CO2 dan Decarbonization Design Lab).

Direktur Utama SUCOFINDO Mas Wigrantoro Roes Setiyadi mengatakan pihaknya secara terus menerus menumbuhkembangkan semangat berinovasi di perusahaan. Salah satunya dengan mengadakan lomba inovasi yang diikuti oleh semua pegawai.

"Selanjutnya hasil inovasi akan diimplementasikan dan masuk dalam tahap komersialisasi. Diharapkan hal ini dapat menjadikan SUCOFINDO perusahaan yang lincah menghadapi berbagai perubahan dan memenuhi kebutuhan bisnis," ujar Mas Wigrantoro dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Penghargaan tersebut diterima oleh Direktur Komersial PT SUCOFINDO Darwin Abas yang diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Kongres PII XXII Tahun 2021 di Nusa Dua Convention Center, Bali.

Baca juga: Paloh berpesan kasus Jiwasraya tidak pengaruhi hak pensiunan karyawan

Baca juga: Pemastian produk halal, LPH Sucofindo sertifikasi produk Turki


PII Awards 2021 diberikan kepada individu insinyur, korporasi, dan pihak lainnya untuk menumbuhkan semangat menciptakan teknologi baru, inovasi pemanfaatan teknologi, dan karya-karya keinsinyuran di kalangan insinyur.

Adapun, kriteria penilaian antara lain penemuan atau penggunaan teknologi atau metode kerja baru, proyek baru hasil inovasi atau belum ada sebelumnya, dampak sosial dan ekonomi, penggunaan produk dalam negeri, dan kriteria lainnya.

Direktur Komersial SUCOFINDO Darwin Abas menyampaikan bahwa Adhikara Rekayasa PII Awards 2021 yang diraih SUCOFINDO membuktikan bahwa perusahaan terus melakukan inovasi untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan jasa inspeksi dan pengujian di Tanah Air.

“ICO-DECO Design Lab Inventory CO2 dan Decarbonization Design Lab sejalan dengan tren global dan fokus Indonesia dalam melakukan transisi energi menuju net zero emission (karbon netral). Selain itu, tren ke depan tentang carbon trading juga membutuhkan instrumen untuk pengukuran, inspeksi, dan pengujian," kata Darwin.

Dia juga menambahkan bahwa inovasi SUCOFINDO ini dapat bermanfaat dalam mendukung target pemerintah dalam penurunan emisi karbon.*

Baca juga: Kiat SUCOFINDO wujudkan kinerja ekselen secara berkelanjutan

Baca juga: SUCOFINDO beri bantuan Sertifikasi Pasar Rakyat ke Perumda Pasar Jaya

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021