Primaduta Award yang diberikan pemerintah Indonesia kepada keluarga besar Haggag Co dapat mendorong perusahaan Mesir tersebut untuk lebih memperluas cakupan kerja sama dagang
Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Mesir memberikan penghargaan Primaduta Award 2021 kepada importir kopi asal Mesir, Perusahaan Haggag for Import and Export Co, atas loyalitas mereka mengimpor produk kopi Indonesia sejak 2003.

Duta Besar RI, Lutfi Rauf, Dalam sambutannya di acara penghargaan yang digelar di Nasr City, Rabu, dan dikutip ANTARA, Kamis, berharap penghargaan tersebut dapat mendorong perusahaan Haggag untuk meningkatkan pemasaran produk-produk hasil pertanian dan perkebunan Indonesia di pasar Mesir.

Selain itu, mereka juga diharapkan dapat mengedukasi warga Mesir terkait citra dan kualitas produk unggulan Indonesia dan terus berupaya meningkatkan nilai perdagangan kedua negara.

"Saya berharap, penghargaan Primaduta Award yang diberikan pemerintah Indonesia kepada keluarga besar Haggag Co dapat mendorong perusahaan Mesir tersebut untuk lebih memperluas cakupan kerja sama dagang dengan para pelaku usaha di Indonesia," katanya.

Baca juga: ITPC Sydney promosi kopi robusta Indonesia di Australia

Tidak hanya mengimpor produk kopi di Pulau Sumatera dan Jawa, perusahaan Haggag juga diharapkan bisa mengimpor produk-produk potensial Indonesia lainnya seperti kelapa, biji pala, kayu manis, cengkeh dan produk rempah lainnya yang tersebar di Sulawesi, Kalimantan, Maluku dan Indonesia Timur lainnya sehingga berkontribusi secara optimal terhadap peningkatan ekspor Indonesia ke Mesir.

"Kami merasa sangat terhormat dapat meraih Primaduta Award ini dan akan terus berupaya meningkatkan impor produk unggulan Indonesia, baik itu kopi, kelapa dan turunannya, serta rempah-rempah. Indonesia adalah sumber logistik utama bagi kami di Mesir," kata Dr. Hasan Sayed Haggag, CEO Haggag for Import & Export Co, dalam sambutannya di acara tersebut.

Saat ini, setiap tahun Haggag bersama mitra bisnis lain mengimpor dan memasarkan sekitar 300 kontainer produk biji kopi Indonesia ke pasar Mesir.

Penghargaan Primaduta merupakan salah satu wujud apresiasi Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) kepada para pembeli dan importir mancanegara atas dukungan dan loyalitas mereka yang secara berkesinambungan membeli produk Indonesia, dan memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan ekspor nasional.

Acara penghargaan tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan RI setiap tahun.

Baca juga: Indonesia usung kopi di bazar amal Kemlu China

Pewarta: Katriana
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021