Jakarta (ANTARA) - Platform dagang dalam jaringan Blibli mencatatkan kenaikan empat kali pesanan saat Hari Belanja Online Nasional 12.12 dibandingkan hari biasa.

Dikutip dari siaran pers, Jumat, peningkatan pesanan tersebut terjadi selama masa promosi "Dikagetin Histeria 12.12" yang digelar pada 3-14 Desember. Kenaikan ini terjadi di Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Blibli juga mendapatkan kenaikan pesanan yang ditangani gudang (warehouse) dan lonjakan lalu lintas di situs, masing-masing sebesar empat kali lipat.

Baca juga: Blibli cetak pertumbuhan konsumen otomotif pada "Histeria 11.11"

Selama masa promosi Harbolnas tersebut, platform dagang lokal ini mencatat kategori favorit konsumen mereka adalah Bliblimart, untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Perilaku ini mematahkan asumsi bahwa belanja konsumen saat Harbolnas untuk produk tersier seperti gawai.

Selain itu, kategori Blibli Travel juga mengalami kenaikan 4,2 kali lipat dibandingkan hari biasa, dengan produk antara lain tiket penerbangan, tiket atraksi, kupon perjalanan dan pemesanan hotel.

Peristiwa ini menunjukkan minat masyarakat untuk bepergian saat musim liburan.

Kesiapan masyarakat untuk beraktivitas di luar ruangan juga ditunjukkan lonjakan permintaan untuk payung, yang naik 10 kali lipat pada musim hujan ini.

Sementara itu, untuk layanan pengiriman, konsumen memilih jasa pengantaran yang sampai dalam dua jam untuk Harbolnas 12.12 lalu. Penggunaan layanan itu naik hingga tiga kali lipat saat musim belanja kemarin.

Baca juga: "BakersGoPink" jual ribuan roti-kue rumahan untuk pemberdayaan

Baca juga: Bos Blibli dapat apresiasi "Marketing Champion" sektor e-Commerce

Baca juga: Blibli hadirkan produk UMKM Bandung dalam "Beli Lokal Fest Bandung"

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021