Jakarta (ANTARA) - Operator seluler Smartfren meningkatkan kapasitas dan optimasi jaringan untuk mengantisipasi lalu lintas layanan internet selama Natal dan Tahun Baru 2022.

"Peningkatan trafik ini didorong oleh perubahan perilaku masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan secara online, dan hingga sekarang semuanya tetap berlangsung secara online," kata VP Network Operations Smartfren, Agus Rohmat, dalam siaran pers, dikutip Jumat.

Mereka memperkirakan kenaikan lalu lintas layanan internet tertinggi pada musim liburan ini berada di wilayah pemukiman. Secara nasional, kenaikan traffic internet saat Natal diprediksi berada di angka 5 sampai 8 persen dibandingkan hari biasa.

Baca juga: Smartfren tingkatkan kapasitas jaringan untuk PPKM Darurat

Smartfren menaksir kenaikan lalu lintas internet tertinggi berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, sebesar 10 persen.

Untuk Tahun Baru 2022, kenaikan traffic internet secara nasional diperkirakan berada di kisaran 10-15 persen, juga di wilayah Jabodetabek.

Operator seluler tersebut secara nasional meningkatkan kapasitas jaringan hingga 15 persen untuk mengantisipasi musim libur Natal dan Tahun Baru.

Sementara untuk wilayah yang diprediksi mengalami kenaikan lalu lintas internet tertinggi, seperti wilayah Jabodetabek dan Jawa Tengah, kapasitas jaringan ditingkatkan hingga 20 persen.

Kenaikan lalu lintas layanan internet pada musim liburan ini diprediksi berasal dari layanan streaming video, musik dan pertemuan secara dalam jaringan.

Baca juga: Data center dinilai sebagai tulang punggung bagi industri digital

Baca juga: Penataan ulang spektrum frekuensi 2,3GHz selesai

Baca juga: Riset sebut perusahaan sadar ICT tunjang kemajuan bisnis

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021