Jakarta (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menekankan pentingnya peran kaum muda dalam pelestarian lingkungan, dalam upaya menyelaraskan pembangunan ekonomi dengan upaya konservasi. 

"Kita membutuhkan generasi masa depan dengan kapasitas aktualisasi dalam membangun dengan keseimbangan kemajuan pembangunan ekonomi serta kelestarian alam dan lingkungan," katanya dalam acara penganugerahan penghargaan Adiwiyata tahun 2021 di Jakarta, Jumat.

Ia juga mengemukakan bahwa Indonesia membutuhkan generasi muda pencinta lingkungan yang dapat berpikir jernih dan objektif mengenai suatu persoalan lingkungan serta memberikan jalan keluar yang baik.

Mengingat pentingnya peran generasi muda dalam kerja-kerja pelestarian lingkungan hidup, ia mengatakan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama para mitra menyiapkan program-program untuk meningkatkan kapasitas generasi muda.

Siti mengapresiasi kerja anak-anak muda dalam upaya pemulihan dan pelestarian lingkungan di sekolah-sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata.

​​​​​​"Sangat menggembirakan saat ini telah sangat nyata bahwa aspek lingkungan telah menjadi perhatian masyarakat, khususnya generasi muda, dan menjadi kegiatan menarik dalam aktualisasi kehidupan bermasyarakat," katanya.

Baca juga:
Menteri LHK ajak anak-anak dukung pelestarian alam
KLHK: Generasi muda garda terdepan dalam pelestarian lingkungan

 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021