Dukungan asuransi bagi relawan memberikan semangat luar biasa untuk mereka
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 13.073 anggota Bidang Koordinasi Relawan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menerima bantuan donasi Jamsostek senilai Rp514.749.900 (Rp514,75 juta) di tahun 2021.

Penyerahan simbolis donasi tersebut sebagai bagian dari kegiatan Sinergi Membangun Ketangguhan Bangsa dalam Melawan COVID-19 yang diselenggarakan di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Jumat.

“Dukungan asuransi bagi relawan memberikan semangat luar biasa untuk mereka, menjadi semangat bagi para relawan untuk terus melakukan upayanya di fasilitas kesehatan COVID-19 dan lokasi bencana,” ujar Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan ditemui di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Satgas Relawan selesaikan peningkatan kapasitas layanan psikososial

Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Eko Nugriyanto menyampaikan apresiasinya kepada Bank Danamon yang terus memberikan perlindungan Jamsostek bagi para relawan sejak pandemi COVID-19 terjadi di Indonesia.

“Sejak tahun 2020 sampai dengan saat ini telah terlindungi sebanyak 23.000 relawan yang terlindungi dengan nominal iuran mencapai Rp1,1 miliar yang seluruhnya merupakan donasi dari Bank Danamon,” ujar Eko.

Perlindungan yang diberikan ini memberikan kepastian bagi relawan bila mengalami risiko sosial yang terjadi saat melakukan aktivitas kerelawanan.

Baca juga: BNPB catat 8,26 juta pengungsi akibat bencana per 19 Desember 2021

Sedangkan untuk nilai santunan yang telah dibayarkan oleh BPJAMSOSTEK sepanjang tahun 2021 sebesar Rp514.000.000. Donasi diberikan kepada tiga orang relawan yang mengalami kecelakaan kerja pada saat melaksanakan tugasnya.

“Melalui kegiatan ini saya berharap terbangunnya kesadaran akan pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para relawan mengingat tugas dan perannya yang sangat besar dalam membantu penanganan bencana yang terjadi di wilayah Indonesia. Selanjutnya pemberian perlindungan dapat diteruskan secara mandiri oleh para relawan,” lanjut Eko.

Di kesempatan yang sama, Kasubid Perencanaan Program dan Kegiatan BKR Satgas COVID-19 Didit Ratam menerangkan selain penyerahan jamsostek untuk Relawan Penanganan COVID-19, rangkaian acara Sinergi Membangun Ketangguhan Bangsa dalam Melawan COVID-19 juga mencakup dua kegiatan lainnya.

Baca juga: Penanganan bencana Gunung Semeru berfokus ke fase pemulihan

Kegiatan lainnya adalah Penyerahan delapan ambulans ke Rumah Sakit di Wilayah Jabodetabek, yaitu RS Amanda Cikarang, RS Sehat Terpadu Dompet Dhuafa Bogor RS Tiara Tangerang, RS Simpangan Depok, RS Umum UKI Jakarta, RS Umum dr. Iqbali Taufan Bekasi, RS Multazam Medika Bekasi dan RS Harapan Sejati Bogor.

Selain itu, terdapat pula penyerahan 20.187 Data Relawan Terlatih Kepada Perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Dukungan kepada para relawan tersebut terjadi berkat sinergitas pentaheliks antara BNPB, Jamsostek dan Bank Danamon.

Baca juga: Masa tanggap darurat bencana Gunung Semeru diperpanjang 7 hari

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021