Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, sehubungan pekerjaan pengangkatan balok beton untuk proyek tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

"Lokasi pekerjaan berada di Jalan DI Panjaitan sisi timur di atas 'underpass' Pasar Gembrong," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Jumat.
​​​​
Untuk menunjang pekerjaan tersebut dilakukan rekayasa lalu lintas sesuai tahap pekerjaan, yakni mengangkat balok beton selama lima hari dan penyambungan antargirder selama tiga hari.

Dengan waktu pelaksanaan 26 Desember 2021 sampai 3 Januari 2022, kecuali 1 Januari 2022 mulai pukul 23.00-04.00 WIB.

Selama pekerjaan berlangsung akan dilakukan pengalihan lalu lintas, yakni lalu lintas dari arah Kampung Melayu menuju Pondok Kopi dialihkan melalui Jalan DI Panjaitan dan putar balik di Jalan Bekasi Barat kembali ke Jalan DI Panjaitan-Jalan Basuki Rachmat dan seterusnya.

Baca juga: Waskita berharap seluruh seksi Tol Becakayu beroperasi pada tahun 2022
Baca juga: Petugas PPSU Cipinang Melayu bertani di kolong Tol Becakayu


Kemudian, lalu lintas dari arah Pondok Kopi menuju Kampung Melayu dialihkan melalui Jalan Cipinang Besar-Jalan DI Panjaitan-putar balik di simpang Kalimalang-Jalan DI Panjaitan-Basuki Rachmat dan seterusnya.

Selanjutnya, lalu lintas dari arah Tanjung Priok dialihkan melalui jalur cepat DI Panjaitan, jalur lambat digunakan bongkar muat kebutuhan konstruksi (multiaxle).

Saat lalu lintas kendaraan pengangkut beton itu menuju lokasi proyek, petugas melakukan penutupan lalu lintas menyesuaikan situasi selama 15 menit.

PT Waskita Karya selaku pelaksana pekerjaan pemasangan balok beton Tol Becakayu di Jalan D.I Panjaitan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap keselamatan dan keamanan pengguna jalan.

Dinas Perhubungan DKI mengimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021