Kita jadi salah satu negara yang berhasil menanggulangi COVID-19 karena persaudaraan itu
Jakarta (ANTARA) - Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Kardinal Ignatius Suharyo menyerukan Gerakan Persaudaraan Lintas Agama perlu terus diperkuat sepanjang perjalanan bangsa Indonesia.

"Tema Natal 2021 adalah Cinta Kasih Kristus Gerakan yang Menggerakan Persaudaraan. Ada tiga hal utama dalam tema itu," kata Ignatius Suharyo dalam konferensi pers yang digelar di Gereja Immanuel Gambir Jakarta Pusat, Jumat.

Pertama, kata Ignatius, tali persaudaraan di Indonesia sudah terbukti kuat. Salah satu buktinya adalah keberhasilan program penanggulangan pandemi COVID-19 yang kini terus menunjukkan tren landai.

Baca juga: BPIP Ajak KWI Giat Bumikan Pancasila

"Kita jadi salah satu negara yang berhasil menanggulangi COVID-19 karena persaudaraan itu," katanya.

Hal kedua, kata Ignatius, pandemi COVID-19 masih membutuhkan persaudaraan yang semakin erat agar bangsa Indonesia semakin cepat keluar dari dampak yang ditimbulkan COVID-19.

"Ketiga, kami sengaja memilih kata 'menggerakkan' pada tema Natal kali ini karena harapannya semangat dan inspirasi Natal tidak berhenti di bulan Desember, tetapi dapat menginspirasi gerakan-gerakan sepanjang sejarah bangsa kita untuk terus membangun persaudaraan," katanya.

Baca juga: Polda Metro kawal Misa Natal di 1.670 gereja

Ia mengatakan umat kristiani dituntut untuk bertanggung jawab dalam perjalanan bangsa karena dua alasan. "Pertama, pendiri bangsa kita mewariskan sesuatu yang sangat mulia yaitu semangat cinta tanah air. Hal kedua, bangsa Indonesia memiliki watak kepedulian," katanya.

Menurut penelitian di 146 negara dalam hal kerelaan memberi, kata Ignatius, Indonesia ditempatkan pada posisi yang pertama. Kemudian penelitian di bidang modal sosial di 167 negara, Indonesia diletakkan pada posisi enam.

Ia mengatakan fakta tersebut adalah tanda yang sangat jelas di tengah situasi yang sulit saat ini.

"Harapannya kata 'menggerakkan' itu menjadi kata kunci yang persaudaraan sepanjang sejarah bangsa Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Gereja St Yohanes Penginjil gelar misa malam Natal tatap muka terbatas

Baca juga: PGI Lampung: Natal tingkatkan persaudaraan di tengah pandemi COVID-19

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021