Memang benar di tahun 2022 akan digelar 11 operasi yang menjadi program dari Mabes Polri juga Polda Papua.
Jayapura (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Papua selama 2022 siap menggelar 11 operasi kewilayahan dengan berbagai sandi dan sasaran.

"Memang benar di tahun 2022 akan digelar 11 operasi yang menjadi program dari Mabes Polri juga Polda Papua," kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri, di Jayapura, Jumat.

Dia menjelaskan, jumlah operasi yang akan dilaksanakan tahun 2022 itu berkurang, mengingat pada tahun 2021 ada 13 operasi kepolisian yang digelar, termasuk operasi dalam rangka pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI.

Dia menyatakan, pada prinsipnya operasi yang akan digelar sama, cuma yang membedakan akan diupayakan langsung menyentuh masyarakat agar mereka lebih merasakan manfaatnya.

Adapun operasi yang akan digelar di antaranya Operasi Aman Nusa, Bina Kusuma, Ketupat, Amole, Lilin, dan Operasi Zebra.

"Polda Papua akan mengedepankan binmas dengan berbagai programnya, sehingga dampaknya benar-benar dirasakan masyarakat, " kata Irjen Fakhiri.

Ketika ditanya tentang prediksi kamtibmas, Kapolda mengaku meningkatnya aksi kekerasan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di beberapa kabupaten terutama yang berada di pegunungan.

Selain itu, masih adanya tuntutan dari mahasiswa eksodus yang menyuarakan referendum dan Papua merdeka serta masih eksisnya Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan United Liberation Movement for West Papua​​​​​​​ (ULMWP) memperjuangkan Papua merdeka, kata Kapolda Irjen Fakhiri.
Baca juga: Polisi mengungkap sederet kejahatan Demius Magayang pentolan KKB
Baca juga: Polda Papua gelar operasi Deraku-Cartenz selama PON

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021