Jakarta (ANTARA) - Klub Liga Inggris Chelsea dan Liga Belanda Ajax Amsterdam dilaporkan tertarik untuk mendatangkan bek sayap milik klub Liga Spanyol Barcelona berkebangsaan Amerika Serikat, Sergino Dest.

Dikutip dari football-espana, Jumat, Chelsea meminati Sergino Dest dalam langkah mengantisipasi kehilangan pemain senior Cesar Azpilicueta yang pada akhir musim ini akan berstatus bebas agen.

Jika pada akhirnya berhasil mendapatkan Sergino Dest, ia akan menjadi pelapis dari Reece James yang selama musim ini menunjukan penampilan yang menjanjikan setelah berhasil mencetak 4 gol dan 5 assist dari 14 laga di Liga Inggris.

Baca juga: Sergino Dest senang jadi pemain AS pertama cetak dua gol di Spanyol

Chelsea dilaporkan siap untuk mengeluar dana sebesar 30 juta euro atau sekitar Rp481 miliar untuk mendatangkan pemain berusia 21 tahun tersebut.

Selain Chelsea, Ajax juga dilaporkan tertarik untuk menggunakan jasa dari Sergino Dest dengan menyiapkan skema pertukaran pemain yang melibatkan bek sayap asal Maroko Noussair Mazraoui.

Selanjutnya keputusan untuk melepas Dest berada di tangan Barcelona, apakah pihak Blaugrana berkeinginan untuk mendapatkan dana segar atau pemain pengganti langsung.

Barcelona dikabarkan mulai berpikiran untuk melepas Sergino Dest sejak kedatangan pelatih anyar Xavi Hernandez yang menggantikan Ronald Koeman pada beberapa waktu lalu.

Baca juga: Sergino Dest akui sangat kesal setelah kalah di El Clasico pertamanya

Saat ini klub asal Catalan tersebut tengah berusaha memangkas pengeluaran gaji mereka dan melepas Sergino Dest dirasa lebih mudah karena faktor usianya, dibanding harus menjual Phillipe Coutinho atau Samuel Umtiti.

Selain itu, kedatangan Dani Alves yang sama-sama memiliki posisi bek sayap ke Barcelona merupakan sebuah sinyal dari Xavi Hernandez bahwa pelatih asal Spanyol itu belum sepenuhnya percaya dengan kemampuan Dest.

Sergino Dest datang ke Barcelona pada awal musim 2021/2022 ketika masih berada di bawah asuhan pelatih Ronald Koeman dari Ajax Amsterdam dengan mengeluarkan dana sebesar 21 juta euro atau sekitar Rp337 miliar.

Selama membela Barcelona, Sergino Dest tercatat berhasil menorehkan 16 penampilan dan menyumbang tiga assist dan saat ini tengah dibekap cedera masalah adduktor.

Baca juga: Dest ikuti kata hati pilih Barcelona ketimbang Bayern

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021