tahun ini Pemkab Bogor menggunakan anggaran daerah senilai Rp356,5 miliar untuk membangun Tugu Pancakarsa, pedestrian, peningkatan kualitas jalan, hingga pengadaan tempat sampah.
Cibinong, Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat akan melanjutkan program penataan Kawasan Cibinong Raya atau City Beautification Project di tahun 2022.

Bupati Bogor, Ade Yasin saat meninjau infrastruktur hasil program City Beautification Project di Simpang Sirkuit Sentul, Bogor, Jumat mengatakan Pemkab Bogor masih akan fokus menata wajah ibu kota di Kawasan Cibinong Raya pada 2022 meski belum tahu berapa biaya yang akan dianggarkan.

"Kita akan selesaikan satu per satu ya karena kan keterbatasan anggaran juga jadi bertahap, kami memang ingin menunjukkan wajah Cibinong yang ramah, bersih dan indah," ujarnya.

Selanjutnya, program fokus mempercantik infrastruktur tersebut akan bergeser ke wilayah pinggiran pada tahun 2023.

Ade Yasin menyebutkan, tahun ini Pemkab Bogor menggunakan anggaran daerah senilai Rp356,5 miliar untuk membangun Tugu Pancakarsa, pedestrian, peningkatan kualitas jalan, hingga pengadaan tempat sampah.

Penggunaan anggaran tersebut tersebar di empat perangkat daerah, yaitu Rp328 miliar pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Rp21 miliar pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Rp437 juta pada Dinas Lingkungan Hidup, dan Rp7,3 miliar pada Dinas Perhubungan.

Menurutnya, melalui program tersebut juga Kabupaten Bogor kini memiliki ikon baru, yakni Tugu Pancakarsa. Tugu yang dibangun di Simpang Sirkuit Sentul itu ia yakini memiliki fungsi ganda, yakni mempercantik wajah ibu kota dan memecah kemacetan di kawasan itu.

"Setelah adanya tugu ini kan yang pertama untuk mengurangi kemacetan. Jadi kita juga sudah membebaskan tanah di sekitarnya, jadi sistemnya itu flow ya jalannya memutar mengikuti arah jarum jam sehingga kita harapan semoga tidak ada lagi kemacetan yang signifikan," kata Ade Yasin.
Baca juga: Sekda Bogor pastikan dinas-dinas serius tata Kawasan Cibinong Raya
Baca juga: Kabupaten Bogor kaji opsi moratorium perumahan baru di Cibinong Raya
Baca juga: Kabupaten Bogor akan miliki kebun raya

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021