bantuan tidak hanya kepada umat Kristen
Jakarta (ANTARA) - Panitia Pelaksana Perayaan dan Ibadah Natal Nasional 2021 menandai rangkaian acara melalui kegiatan roadshow distribusi bantuan sosial ke berbagai lokasi bencana dan masyarakat yang membutuhkan di Tanah Air.

"Panitia telah melakukan aksi sosial di berbagai daerah Indonesia, berupa pemberian bantuan," kata Ketua Panitia Perayaan dan Ibadah Natal Nasional 2021 Jerry Sambuaga dalam konferensi pers yang digelar di Gereja Immanuel, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat.

Jerry mengatakan korban bencana alam erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, menjadi lokasi awal yang dikunjungi panitia.

"Saya datang bersama panitia menyalurkan bantuan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk yang membutuhkan," katanya.

Baca juga: Panitia nasional siapkan rekaman kegiatan ibadah dan perayaan Natal
Baca juga: Panitia Natal imbau jemaat tidak bawa ransel

Roadshow berikutnya menyasar Jayapura, Papua. Panitia membantu korban pengungsi bencana alam melalui Keuskupan Agung Timika ke sejumlah gereja.

Kegiatan berlanjut menuju Manokwari menyasar para korban kebakaran pasar tradisional serta kawasan wisata religi umat Kristiani di Pulau Mansinam.

"Pulau Mansinam di mana Injil pertama datang di Papua Barat," katanya.

Ia mengatakan panitia juga mendistribusikan bantuan kemanusiaan menuju Manado, Sulawesi Utara. "Kami kunjungi gereja, Sekolah Luar Biasa (SLB) dan panti wreda memberikan bantuan sembako," katanya.

Kabupaten Tana Toraja juga tidak luput dari sasaran distribusi bantuan sosial berupa pembibitan 60 ribu ikan mas bagi tambak milik masyarakat sekitar.

"Panitia kemudian menuju Nusa Tenggara Timur (NTT), kita memberikan bantuan kepada korban gempa bumi," katanya.

Baca juga: IIFPG DPR gelar bakti sosial menjelang Natal dan Tahun Baru 2022
Baca juga: Pemerintah batasi mobilitas dan aktivitas sosial Natal-Tahun Baru


Dua lokasi terakhir adalah Pakpak, Sumatera Utara dan Ambon, Maluku. "Kami memberikan bantuan sumur untuk kebutuhan air bersih warga," katanya.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan itu mengatakan rangkaian roadshow tersebut tidak hanya menyasar umat Kristiani yang membutuhkan, namun juga masyarakat lintas agama.

"Kita berikan bantuan tidak hanya kepada umat Kristen, tapi juga lintas agama karena semangat inklusif memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021