Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Indonesia diimbangi Singapura, yang bermain dengan 10 pemain setelah bek Safuwan Baharudin diganjar kartu merah, dengan skor 1-1 pada babak pertama laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu malam.

Gol Indonesia dibuat oleh Ezra Walian pada menit ke-11, sementara Singapura menyamakan kedudukan pada menit akhir babak pertama melalui Song Ui-young.

Laga leg kedua sendiri berjalan ketat sejak menit pertama. Indonesia, yang membangkucadangkan Egy Maulana dan Elkan Baggott, bermain agresif dengan menekan lawan sejak garis depan.

Strategi tersebut membuat Singapura kesulitan mengalirkan bola dan Indonesia membuka keunggulan pada menit ke-11.

Berawal dari upaya Alfeandra Dewangga yang memotong aliran bola Singapura, bola kemudian diarahkan ke Witan Sulaeman yang meliuk di antara pemain bertahan lawan.

Setelah tinggal berhadapan dengan penjaga gawang, Witan mengirimkan bola ke tengah kotak penalti di mana Ezra Walian sudah menunggu dan melesakkan bola ke dalam gawang.

Baca juga: Shin Tae-yong turunkan tiga bek tengah dan cadangkan Elkan-Egy

Tertinggal 0-1, Singapura bernafsu untuk menyamakan kedudukan. Upaya mereka mendapatkan ganjalan setelah bek Safuwan Baharudin dihadiahi kartu merah hasil kartu kuning kedua pada menit ke-45+3.

Akan tetapi, dalam kondisi kekurangan jumlah pemain, Singapura justru mampu menyamakan kedudukan.

Tepatnya menit ke-45+4, dalam situasi kemelut setelah tendangan bebas, gelandang Song Ui-young menembak bola menerobos barisan pertahanan Indonesia dan membuat skor menjadi imbang 1-1.

Setelah gol tersebut, wasit Qasim Matar Ali Al Hatmi asal Oman meniup peluit tanda laga memasuki jeda.

Namun, bukannya langsung menuju ruang ganti, ofisial kedua tim tampak terlibat keributan di luar lapangan dan terlihat melibatkan pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong. Situasi panas mereda setelah pihak keamanan turut campur.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Indonesia: Nadeo Argawinata-pg, Pratama Arhan, Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Asnawi Mangkualam Bahar (kapten), Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Ramai Rumakiek, Witan Sulaeman, Ezra Walian.

Singapura: Hassan Sunny-pg, Nur Adam Abdullah, Safuwan Baharudin, Irfan Fandi, Zulqarnen Suzliman, Hami Syahin, Song Ui-young, Shahdan Sulaiman, Hariss Harun (kapten), Hafiz Nor, Amy Recha.

Baca juga: Shin Tae-yong tak mau leg kedua kontra Singapura berakhir adu penalti

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021