Jakarta (ANTARA) -
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Irjen Pol Firman Santyabudi melakukan pengecekan guna memastikan penerapan protokol kesehatan tempat publik di Kota Surabaya berjalan dengan baik.
 
Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Sabtu, mengatakan, kedatangannya ke Provinsi Jawa Timur diantaranya adalah untuk memastikan sistem berjalan dengan baik, guna mengantisipasi penyebaran virus, baik varian lama maupun varian baru.
 
"Tadi kebetulan kita coba kunjungi salah satu tempat favorit orang kalau ke Surabaya. Kita ingin lihat sebagaimana kesiapan mereka apakah euforia ini kendur," kata dia.
 
Kepolisian, kata dia, berharap besar pada masyarakat untuk ikut berpartisipasi aktif baik untuk vaksinasi, protokol kesehatan maupun kelancaran arus lalu lintas.
 
"Saya dengan Pak Kapolda, rombongan ada Pak Asops dan Pak Kadiv Humas ingin memastikan pelayanan kesehatan berupa vaksinasi di tempat pemberangkatan dan sekaligus tempat wisata," ucapnya.

Baca juga: Irwasum Polri mengapresiasi protokol kesehatan gereja di Surabaya
Baca juga: Kapolri minta pengawasan karantina PPI diperketat
Baca juga: Korlantas Polri: Arus lalu lintas pada libur Natal lancar

 
Kakorlantas juga menyampaikan kesiapan petugas di posko vaksinasi dan masyarakat. Menurutnya, para petugas dan masyarakat kooperatif. 

Ia berharap komunikasi bisa terjalin sehingga Indonesia bisa mencapai tingkat vaksinasi yang dibutuhkan untuk bisa menjaga dari kemungkinan penyebaran virus COVID-19 baik varian lama maupun baru.

Kakorlantas juga menyampaikan pesan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo agar semua bersama-sama menghadapi situasi saat ini dengan sabar.
 
"Presiden juga ingin semua berjalan dengan seimbang. Ada satu sisi masyarakat juga membutuhkan adanya kegiatan-kegiatan sosial, perdagangan, kita coba seimbangkan. Kelancaran kita utamakan, tapi sekali lagi kesehatan tentunya yang utama," ujarnya.
 
Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi, Asops Polri Irjen Pol Imam Sugianto, dan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo, serta Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta melakukan pengecekan di tempat publik, terkait dengan penerapan protokol kesehatan dan posko kesehatan.
 
Tempat pertama yang dicek adalah Tunjungan Plaza (TP) Surabaya, untuk memastikan kesiapan tempat mencuci tangan, pemindaian PeduliLindungi, thermogun (alat pengukur suhu badan), penggunaan masker bagi para pengunjung, dan penerapan 50 persen kapasitas maksimal restoran maupun outlet perbelanjaan. Kapasitas pengunjung di Mall Tunjungan Plaza adalah 80.000 orang.
 
Rombongan pejabat kepolisian juga memastikan perayaan Natal di Mall TP berlangsung dengan tertib dan menerapkan protokol kesehatan.
 
Tak hanya itu untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, rombongan pejabat kepolisian juga menyapa warga dan anak-anak yang sedang bermain di Mall TP.
 
Usai melakukan kunjungan di Mall TP, rombongan lanjut melakukan pengecekan di Pelabuhan Gapura Nusantara Tanjung Perak Surabaya. Selain itu, juga melakukan pengecekan gerai vaksinasi presisi yang disediakan untuk penumpang pelabuhan yang belum melaksanakan vaksinasi dosis pertama maupun dosis kedua.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021