Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Bus Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, mencatat puncak lonjakan jumlah keberangkatan penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) saat momen libur Natal pada Jumat kemarin.

"Untuk keberangkatan penumpang kemarin puncaknya," kata Kepala Terminal Pulo Gebang Bernard Pasaribu di Jakarta, Sabtu.
​​
Baca juga: Penumpang bus AKAP di Terminal Pulo Gebang naik 50 persen

Bernard menjelaskan sebanyak 614 penumpang diberangkatkan dari Terminal Pulo Gebang ke sejumlah tujuan di Jawa Timur dan Jawa Tengah pada Jumat.

Jumlah itu jauh lebih banyak dibandingkan dengan keberangkatan penumpang bus AKAP pada Kamis yang hanya sebanyak 436 

"Total ada 144 bus yang berangkat pada hari Jumat," ujar Bernard.

Sementara itu, Bernard mengatakan untuk data keberangkatan penumpang bus AKAP pada Sabtu, tidak sebanyak hari sebelumnya. Namun, data lengkapnya masih dilakukan perhitungan.
​​
Baca juga: Dishub DKI sidak dua terminal bus AKAP di Jakarta Timur

Bernard menyebutkan, penumpang yang akan melakukan perjalanan darat menggunakan bus dari Terminal Pulo Gebang wajib menyertakan sejumlah persyaratan seperti yang diatur dalam Surat Edaran (SE) 109 Tahun 2021 tentang petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Darat Selama Masa Natal Tahun 2021 Dan Tahun Baru 2022.

Calon penumpang wajib melampirkan bukti sertifikat vaksin COVID-19 minimal dosis pertama, bukti negatif tes negatif tes usap antigen maksimal 1x24.

"Untuk syarat perjalanan masih sama tidak ada perubahan," tutur Bernard.

Baca juga: Terminal Pulo Gebang tunggu arahan pusat terkait libur Natal

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021