Jakarta (ANTARA) -
PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Refining & Petrokimia PT Kilang Pertamina Internasional menjamin ketersediaan pasokan energi berupa BBM dan elpiji kepada masyarakat saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 melalui pengoperasian seluruh kilang di Indonesia.
 
"Kami memastikan keandalan fasilitas operasi di seluruh kilang minyak dan gas tersebut," kata Sekretaris Perusahaan Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.
 
Saat ini, katanya, terdapat enam refinery unit di Indonesia yang berperan mengelola minyak mentah menjadi produk-produk olahan kilang, seperti BBM, elpiji, dan produk petrokimia.

Baca juga: Kilang Pertamina Internasional siapkan inisiatif untuk transisi energi
 
Kilang-kilang yang dimiliki Pertamina merupakan aset penting dalam menjaga ketersediaan BBM dan elpiji untuk masyarakat karena kapasitas pengolahan kilang kini berada pada angka sekitar satu juta barel per hari.
 
Saat Natal dan jelang Tahun Baru 2022, Pertamina memastikan stok crude yang dibutuhkan berada di level aman dan siap diolah di kilang, serta operasional kilang di seluruh refinery unit tetap berjalan normal.
 
"Seluruh pekerja kilang mengemban amanah dan tanggung jawab penuh untuk bersama-sama menjaga keberlangsungan operasional kilang, baik di saat normal, terlebih di masa diperkirakan terjadi kenaikan permintaan masyarakat akan BBM dan elpiji, seperti saat Natal dan jelang Tahun Baru 2022," ujar Ifki.

Baca juga: Pertamina harus terapkan sistem kemanan berstandar internasional
Baca juga: Wujudkan kilang hijau, produk Pertamina RDMP Balikpapan standar Euro V
 
Dengan operasional kilang yang berjalan normal, maka pasokan BBM dan elpiji yang disalurkan ke terminal BBM di seluruh Indonesia akan berada dalam kondisi aman.
 
Selanjutnya, Pertamina akan menyalurkan produk olahan kilang tersebut dari terminal BBM kepada masyarakat di seluruh penjuru Indonesia.
 
Ifki menyampaikan Pertamina membentuk Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru 2022 untuk memastikan pemenuhan kebutuhan BBM dan elpiji kepada masyarakat.

Dia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik terkait ketersediaan BBM dan elpiji di lapangan karena perusahaan melakukan pemantauan stok secara ketat.
 
Operasional kilang sebagai salah satu bagian untuk pemenuhan kebutuhan BBM dan elpiji tetap berjalan normal sehingga pasokan bahan bakar tetap aman tersedia untuk disalurkan kepada masyarakat.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021