Jakarta (ANTARA) - Tottenham Hotspur menajamkan rekor mereka sebagai tim yang paling panjang nirkalah dalam penampilan Boxing Day Liga Inggris kala menundukkan Crystal Palace dengan skor 3-0 di Stadion Tottenham Hotspur, London, Minggu.

Kemenangan yang disokong gol-gol Harry Kane, Lucas Moura dan Son Heung-min tersebut membuat Tottenham kini memiliki catatan tanpa kekalahan dalam 15 penampilan Boxing Day beruntun, yang merupakan catatan terbaik di semua kasta kompetisi sepak bola Inggris saat ini.

Gol Kane juga membuat kapten timnas Inggris itu kini berbagi tempat dengan legenda Liverpool, Robbie Fowler, sebagai pemain tersubur di Boxing Day Liga Premier dengan koleksi sembilan gol.

Ironisnya bagi Patrick Vieira, yang tak hadir mendampingi Palace karena karantina mandiri setelah dites positif Covid-19, ini jadi kekalahan Boxing Day pertamanya, setelah selalu menang dalam delapan laga saat berkarier sebagai pemain.

Baca juga: Positif Covid-19, Vieira absen dampingi Palace bertandang ke Tottenham

Tottenham yang melanjutkan catatan nirkalah dalam enam laga sejak ditangani Antonio Conte naik ke urutan kelima klasemen dengan koleksi 29 poin.

Sedangkan Palace yang menelan kekalahan keempat dalam enam laga terakhir harus rela turun ke urutan ke-13 dengan catatan 20 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Tottenham membiarkan Palace lebih banyak menguasai bola di awal-awal laga dan mengandalkan serangan balik untuk keunggulan pada menit ke-32 saat Kane menyelesaikan umpan tarik Lucas Moura dengan sontekan jarak dekat.

Dua menit berselang keunggulan Tottenham langsung berganda saat Lucas Moura menyambut umpan silang kiriman Emerson Royal dengan sundulan meluncur di area tiang jauh.

Baca juga: Manchester City bekuk Leicester usai nyaris buang keunggulan empat gol

Tantangan bagi Palace untuk bangkit kian bertumpuk lantaran mereka harus main melanjutkan laga hanya dengan sepuluh pemain setelah kehilangan Wilfried Zaha yang menerima kartu kuning kedua pada menit ke-37, membuat Tottenham cukup mudah menjaga keunggulan 2-0 hingga turun minum.

Situasi timpang membuat Tottenham leluasa menggenggam kendali permainan dan pada menit ke-74 Son mencetak gol ketiga tuan rumah setelah menerima operan Lucas Moura.

Tottenham memiliki beberapa peluang untuk menambah margin, tetapi tentunya publik tuan rumah cukup puas pulang dari stadion sebab laga berakhir tetap dengan skor 3-0 atas Palace.

Di pertandingan selanjutnya kedua tim akan bermain pada Selasa (28/12), saat Tottenham bertandang ke St. Mary's menghadapi Southampton dan Palace menjamu tim juru kunci Norwich City di Selhurst Park.

Baca juga: Guardiola desak fans untuk divaksin dan kenakan masker

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021