Jakarta (ANTARA) - Southampton mematahkan kutukan buruk tiap kali menyambangi kandang West Ham United dengan meraih kemenangan 3-2 dalam rangkaian laga Boxing Day Liga Inggris di Stadion Olimpiade London, Minggu.

Itu jadi kemenangan pertama Southampton dalam lima laga tandang kontra West Ham, memperbaiki rekor mereka jadi lima kemenangan dalam 19 kali lawatan di era Liga Premier.

Kemenangan tak diraih Southampton dengan mudah, sebab dua kali keunggulan mereka lewat Mohamed Elyounoussi dan James-Ward Prowse dibalas West Ham melalui Michail Antonio dan Said Benrahma.

Beruntung, Jan Bednarek merestorasi keunggulan yang bertahan hingga bubaran, membawa Southampton kembali ke jalur kemenangan.

Baca juga: Arsenal kubur mimpi Norwich menangi Boxing Day perdana di Liga Premier

Kemenangan pertama dalam tujuh penampilan terakhir itu membuat tim besutan Ralph Hasenhuettl naik ke urutan ke-14 klasemen dengan raihan 20 poin.

Sedangkan West Ham yang menelan dua kekalahan beruntun dalam catatan tiga laga nirmenang kian terlempar ke posisi keenam dengan 28 poin terpaut tujuh poin dari zona empat besar, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Southampton mampu mengawali pertandingan dengan baik dan membuka keunggulan pada menit kedelapan melalui kepercayaan diri Elyounoussi menyambut umpan dari Kyle Walker-Peters dengan tembakan keras yang memperdaya kiper Lukasz Fabianski.

West Ham perlahan-lahan bangkit menguasai permainan, tapi harus masuk ruang ganti dalam keadaan tertinggal setelah peluang terbaik mereka membalas lewat tembakan Nikola Vlasic pada menit ke-38 bisa dimentahkan oleh kiper Fraser Forster.

Baca juga: Tottenham tajamkan rekor nirkalah Boxing Day kala tundukkan Palace

Anak-anak asuh David Moyes memasuki babak kedua dengan lebih baik dan mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-49 saat Antonio tinggal menyambar umpan sundulan Craig Dawson dalam situasi sepak pojok.

Keasyikan menyerang, lini belakang West Ham malah melakukan kesalahan saat Dawson menjatuhkan Armando Broja di dalam area terlarang dan wasit Kevin Friend menunjuk titik putih selepas meninjau monitor VAR tepi lapangan.

Kapten Southampton Ward-Prowse melakoni tugasnya dengan sempurna menaklukkan Fabianski untuk merestorasi keunggulan tim tamu pada menit ke-61.

Namun, keunggulan The Saints hanya bertahan seumur jagung sebab West Ham membalas lagi tiga menit berselang lewat penyelesaian cermat Benrahma menyontek umpan tarik Jarrod Bowen.

Ironisnya, Bowen kemudian melakukan pelanggaran terhadap Broja berujung gol ketiga Southampton yang dicetak oleh Bednarek pada menit ke-70.

Baca juga: Manchester City bekuk Leicester usai nyaris buang keunggulan empat gol

Tendangan bebas akurat yang dikirimkan oleh Ward-Prowse ke dalam kotak penalti berhasil ditanduk oleh Bednarek di muka gawang demi membuat Southampton unggul lagi 3-2 atas tuan rumah.

West Ham gagal menemukan momentum kebangkitan mereka hingga akhirnya 90 menit waktu normal berlalu disertai enam menit injury time dan Southampton pulang dengan tiga poin penuh berkat kemenangan 3-2.

Kedua tim akan merumput lagi pada Selasa (28/12), kala West Ham bertandang ke Vicarage Road menghadapi Watford dan Southampton menjamu Tottenham Hotspur di St. Mary's.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021