Dia banyak membantu kami, menjadi pelumas tim ini dan saya sangat puas untuk itu semua.
Jakarta (ANTARA) - Mikel Arteta menyanjung performa Martin Odegaard walau gelandang serang Arsenal itu tak mencetak gol saat timnya melumat habis Norwich City 5-0 dalam laga Boxing Day Liga Inggris, di Carrow Road, Minggu malam tadi.

"Saya pikir dia bermain amat sangat baik. Dia banyak membantu kami, menjadi pelumas tim ini dan saya sangat puas untuk itu semua," kata Arteta selepas laga dikutip dari laman resmi Arsenal.

Kendati tak mencetak gol, Odegaard bertanggung jawab menyajikan assist atas dua gol pertama Arsenal yang dicetak Bukayo Saka dan Kieran Tierney.

Catatan itu membuat kapten Timnas Norwegia tersebut kini telah membukukan tiga gol dan tiga assist dalam enam penampilan terakhir untuk Arsenal.

Baca juga: Arsenal kubur mimpi Norwich menangi Boxing Day perdana di Liga Premier

Arteta juga mengaku puas dengan penampilan Arsenal sebagai sebuah tim yang disebutnya cukup konsisten terus mengancam gawang Norwich nyaris sepanjang laga.

"Hari yang baik. Sebuah hari tradisional di negara ini dan bermain sepak bola di tengah atmosfer semacam ini sungguh luar biasa," katanya.

"Saya pikir kami tampil dan bermain sangat baik, kami sangat konsisten dan terus mengancam sepanjang laga. Saya sangat puas dengan cara kami menyerang dan bertahan," ujar Arteta melengkapi.

Catatan itu memperpanjang tren positif Arsenal yang kini menang untuk empat pertandingan beruntun, tetapi Arteta menegaskan bahwa timnya harus terus menjaga semangat di tengah kepadatan jadwal yang masih harus dihadapi.

Baca juga: Jarang dapatkan waktu bermain, Arthur ditawarkan Juventus ke Arsenal

Arsenal dijadwalkan segera menjamu Wolverhampton di Emirates pada Selasa (28/12) atau hanya punya waktu beristirahat satu hari saja.

"Tidak ada waktu memulihkan kebugaran, tetapi kami akan berusaha terus menjaga semangat, pola pikir dan secara fisik tim ini berada di kondisi terbaik untuk tampil di hadapan pendukung sendiri, yang rasanya akan menyuntik semangat untuk memenangkan pertandingan," kata Arteta pula.

Arsenal memperkuat posisi mereka di peringkat keempat dengan koleksi 35 poin dari 19 pertandingan, hanya tertinggal enam poin dari Chelsea dan unggul enam poin dari pesaing terdekat di bawahnya.

Baca juga: Dua penalti Jorginho antar Chelsea kembali ke jalur kemenangan
Baca juga: Antonio Conte yakin Lucas Moura masih bisa terus berkembang
Baca juga: City vs Leicester 6-3, Guardiola serasa naik "roller coaster"

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021