Jakarta (ANTARA) - Inisiatif Hyperlocal yang dilakukan oleh Tokopedia dinilai berhasil meningkatkan transaksi di akhir tahun, khususnya di Indonesia bagian barat.

Inisiatif Hyperlocal disesuaikan dengan kebutuhan setiap daerah dan bertujuan mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat supaya masyarakat bisa berbelanja dengan lebih efisien, serta memberikan kesempatan yang sama kepada UMKM di seluruh penjuru Indonesia untuk bertumbuh.

“Kami mencatat adanya peningkatan transaksi hampir 1,5 kali lipat, khususnya di wilayah Indonesia bagian barat, selama menjelang akhir tahun 2021 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya,”kata External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangannya, Senin.

Baca juga: Bos Blibli dapat apresiasi "Marketing Champion" sektor e-Commerce

Baca juga: Tokopedia luncurkan fitur yang ramah untuk tunanetra


Khusus di wilayah Indonesia bagian barat ada empat kategori yang paling laris penjualannya selama akhir 2021. Empat kategori itu adalah kategori Rumah Tangga, Kesehatan dan Perawatan Diri, Makanan dan Minuman, serta Elektronik. Selain transaksi, menjelang akhir tahun jumlah penjual di Tokopedia juga mengalami peningkatan.

Tokopedia mencatat peningkatan jumlah penjual hampir 1,5 kali lipat, khususnya di wilayah Indonesia bagian barat, selama menjelang akhir tahun 2021 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Beberapa penjual bahkan menjadikan e-commerce besutan anak bangsa itu sebagai jalur utama untuk menjajakan produk- produknya. Misalnya seperti pelaku UMKM dari Surabaya yang menjual beragam produk kerajinan kulit Sapi yaitu Verne Indonesia.

“Saat ini Tokopedia menjadi jalur utama untuk penjualan kami. Setiap bulan kami bisa melayani 50 sampai 60 pesanan, dan kami mencatat peningkatan jumlah transaksi hampir 2 kali lipat dibandingkan tahun lalu,” kata Manager Verne Indonesia Marsetio Hariadi.

Tokopedia pun berjanji akan terus menjaga komitmennya mendukung UMKM dapat go digital selain itu, mereka berkomitmen akan terus menyediakan inovasi yang membuat pengguna lebih nyaman menggunakan layanannya.

“Kami akan terus berusaha untuk berkolaborasi dengan para mitra strategis demi menciptakan inovasi terbaik,” tutup Ekhel.

Baca juga: Belanja "hampers" Natal secara daring masih jadi tren di 2021

Baca juga: GoTo dukung "cashless society" rilis QRIS di warung Mitra Tokopedia

Baca juga: Tokopedia hadirkan inovasi teknologi di Android dan iOS


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021