London (ANTARA News) - Anda penggemar sepatu gladiator? Bila jawabannya iya, anda perlu berpikir ulang untuk tetap menggunakan sepatu yang digunakan oleh selebritis Hollywood seperti si kembar Olsen (Mary-Kate dan Ashley) itu.

Lorraine Jones, dari "Society of Chiropodist and Podiatrist" dan "Chiswick Feet" memberikan pendapatnya mengenai sepatu gladiator dalam artikel yang dimuat Daily Mail.

"Sepatu gladiator saya gunakan setiap musim panas. Sepatu itu merupakan sepatu pilihan terburuk, karena sangat datar. Menggunakannya bisa memaksakan otot tendon yang bekerja dari belakang tumit, dan juga oto betis," tulis Jones.

Rasa sakit dalam bentuk nyeri bisa berkembang sedikitnya dua minggu setelah pemakaian sepatu yang diinspirasi dari alas kaki para gladiator Romawi itu.

Sepatu itu biasanya memiliki sol kulit, yang memberikan penyerapan tekanan terendah bagi kaki dan kaki bagian bawah, dan bisa meningkatkan risiko mengembangkan rasa sakit di tumit yang disebut plantar fascitis bila anda sering menggunakannya.

Manfaat dari sepatu jenis ini adalah, tidak seperti sandal, sepatu gladiator memiliki tali pengikat yang menahan sepatu pada tempatnya dan mencegah kaki lepas dari sepatu.

"Tetapi, sepatu itu tentu tidak untuk digunakan sehari-hari, simpan sepatu itu untuk acara khusus," saran Jones.
(ENY)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011