Jakarta (ANTARA News) - Kementerian BUMN meminta perusahaan milik negara yang memiliki dana besar terus aktif membantu dunia olahraga nasional sehingga mencapai prestasi yang dapat dibanggakan bangsa dan negara.

"Dukungan BUMN untuk Program Indonesia Emas (Prima) diharapkan tidak hanya pada SEA Games tetapi kalau bisa dalam jangka panjang pada event internasional lainnya," kata Menteri BUMN Mustafa Abubakar, dalam pada acara "BUMN Untuk Indonesia Emas, di Jakarta, Selasa.

Dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Menteri BUMN Bidang Antar Lembaga Bagus Renggowo, Mustafa mengatakan langkah konkrit BUMN membantu prestasi olahraga adalah pada penyelenggaraan SEA Games ke-26 yang akan berlangsung di Palembang, 11-22 November 2011.

"Keterlibatan BUMN dalam pembangunan bangsa tidak hanya terbatas di bidang ekonomi tetapi juga pada agenda memajukan dunia olahraga sebagai bagian dari program kepedulian terhadap lingkungan (CSR)," ujar Mustafa.

Lebih lanjut dijelaskan, sesuai dengan arahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dalam SEA Games Indonesia ditargetkan sebagai juara umum.

"Selain sebagai Juara Umum, pelaksanaan SEA Games ditetapkan pada tiga hal pokok sukses yaitu, sukses penyelenggaraan, sukses kejuaraan, dan sukses ekonomi," tegas Mustafa.

Tercatat sebanyak 59 BUMN telah mencapai kesepakatan dengan Kemenpora untuk mendukung 39 induk cabang olahraga unggulan.

Sejumlah BUMN yang menjadi pihak pendukung cabang olahraga yaitu PT Bank Tabungan Negara dan PT Perusahaan Pengelola Aset (Judo), PT Asuransi Jasa Raharja (Baseball dan Softball), PT Jasindo (Renang), PT Bank Bukopin (Taekwondo), PT Askes (Pencak Silat), PT Bank Mandiri (Atletik), PT Angkasa Pura I (Tenis Meja), PT Angkasa Pura II (Wushu).

PT Kereta Api Indonesia (Angkat Besi), PT Pelindo I (Dayung), PT Pelindo II (Layar), PT Pelindo III (Ski Airy, PT Pelindo IV (Diving), PT Pupuk Sriwidjaja (Tinju), PT Perkebunan Nusantara 1-XIV dan PT RNI (Futsal/anggar/angkat besi/angkat berat/panjat tebing/taekwondo), Perum Jasa Tirta I dan II (Kano), PT Telkom (Balap Sepeda dan Sepak Bola), PT Semen Gresik Persero Tbk, Pertamina (Bulutangkis).

PT PGN, Perum Pegadaian (Boling), PT Tambang Batu Bara Bukit Asam persero Tbk (Sepak Bola), PT PLN (Catur), PT Timah (Bridge), PT Pindad (Menembak), PT Krakatau Steel (Basket), PT Pembangunan Perumahan (Biliar), PT Jasa Marga (Renang), PT Pos Indonesia (Tenis Meja), PT Antam (Kempo), PT Jamsostek (Senam), PT Dirgantara Indonesia (Paralayang), PT Pal (Polo Air), PT ASDP (Dragon Boat Race).
(R017)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011