Kami bertanggung jawab dalam menjalankan amanah pemerintah untuk memastikan ketahanan energi nasional dalam memenuhi kebutuhan BBM dan elpiji terutama pada masa Natal dan Tahun Baru
Jakarta (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) tetap mengoperasikan secara normal Kilang Balongan di Jawa Barat, demi menjamin keandalan pasokan bahan bakar minyak dan elpiji ke masyarakat selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.
 
Manajer Umum KPI Unit Balongan Diandoro Arifian mengatakan pihaknya menjaga kehandalan fasilitas operasi, sehingga operasional tetap berjalan normal termasuk memastikan kebutuhan stok minyak mentah berada pada level aman dan siap olah.
 
"Kami bertanggung jawab dalam menjalankan amanah pemerintah untuk memastikan ketahanan energi nasional dalam memenuhi kebutuhan BBM dan elpiji terutama pada masa Natal dan Tahun Baru," kata Diandoro dalam keterangan pers di Jakarta, Senin.
 
Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa seluruh pekerja kilang mengemban amanat dan tanggung jawab penuh untuk bersama-sama menjaga keberlangsungan operasional kilang saat normal maupun saat terjadi kenaikan permintaan masyarakat.
 
"Saat Natal dan jelang Tahun Baru ini, Kilang Pertamina Balongan tetap beroperasi 24 jam," ujar Diandoro.
 
Ia juga menyampaikan agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik karena operasional kilang tetap berjalan normal, sehingga pasokan bahan bakar minyak ke Terminal Bahan Bakar Minyak maupun depot elpiji tetap aman dan tersedia untuk disalurkan ke masyarakat.
 
Kilang Pertamina Internasional Unit Balongan mempunyai kapasitas produksi sebanyak 125 ribu barel per hari dengan berbagai unggulan, seperti premium, pertamax, pertamax plus, solar, pertamina DEX, elpiji, hingga propylene.
 
Kilang ini memasok bahan bakar minyak ke Jakarta, Banten, sebagian Jawa Barat dan sekitarnya yang merupakan sentra bisnis dan pemerintahan Indonesia.

Baca juga: Pertamina jamin pasokan energi melalui pengoperasian seluruh kilang

Baca juga: Kilang Pertamina Internasional siapkan inisiatif untuk transisi energi

Baca juga: Pertamina harus terapkan sistem kemanan berstandar internasional

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021