Tidak hanya transportasi darat yang terdampak, tetapi juga sektor lain. Bahkan masyarakat kecil juga menerima akibat yang luar biasa,
Jakarta (ANTARA) - Organisasi Angkutan Darat (Organda) menilai aksi yang akan digelar Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) selama 29 Desember 2021 hingga 7 Januari 2022 dapat berdampak terhadap sektor transportasi darat.

Sekretaris Jenderal DPP Organda Ateng Ariyono di Jakarta, Senin menyatakan, selain itu rencana aksi tersebut dikhawatirkan juga memberikan efek domino terhadap sektor lain.

"Tidak hanya transportasi darat yang terdampak, tetapi juga sektor lain. Bahkan masyarakat kecil juga menerima akibat yang luar biasa. Apalagi, hal ini dilakukan pada saat pandemi," ujarnya melalui keterangan tertulis.

Menurut Ateng, selama pandemi, pengusaha angkutan serta awak angkutan sangat terpukul, namun demikian mereka berusaha tetap bertahan.
Baca juga: Komisi VII DPR minta Pertamina dan FSPPB tingkatkan koordinasi

Dia menilai, jika aksi yang akan dilakukan FSPPB terkait hak karyawan, harusnya bisa dibicarakan secara internal dengan pihak manajemen. Terlebih, taraf kesejahteraan karyawan Pertamina jauh lebih tinggi dibandingkan karyawan dari institusi lain.

Untuk itulah, menurut Ateng, Organda meminta serikat pekerja Pertamina membatalkan rencana aksi dan mengambil jalan dialog dengan para pimpinan perusahaan negara tersebut.

Di sisi lain, dia menyatakan keyakinannya manajemen Pertamina bisa melakukan antisipasi dampak yang akan muncul.
Baca juga: Legislator minta Pertamina dan FSPPB utamakan kepentingan masyarakat

Sebelumnya berbagai kalangan juga meminta agar FSPPB membatalkan rencana aksi mereka, misalnya Sekjen FSP BUMN Bersatu Tri Sasono yang menilai hal itu bisa menjadi semacam sabotase, karena merupakan masa liburan panjang, di mana stok bahan bakar minyak (BBM) harus cukup tersedia.

Sedangkan Ketua Umum Asosiasi Driver Online (ADO) Taha Syarafil mengkhawatirkan rencana aksi FSPPB dapat berdampak negatif kepada pengemudi online.

Baca juga: Pengemudi online khawatirkan rencana aksi mogok pegawai Pertamina

Pewarta: Subagyo
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2021