Jakarta (ANTARA) - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) mencatatkan hasil kinerja positif di sektor perkebunan, khususnya kelapa sawit seiring dengan membaiknya penanganan Covid-19 di Tanah Air.

"Dengan program yang dilakukan oleh pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) hingga vaksinasi, ternyata memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Sejalan dengan itu peranan sektor sawit juga menunjukkan tren yang positif," kata Direktur Utama BPDPKS Eddy Abdurrachman dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Eddy mengatakan, kinerja penghimpunan dana BPDPKS di tahun 2021 dari pungutan ekspor sawit mencapai lebih dari Rp69 triliun dengan memastikan prinsip “from palm oil to palm oil” diterapkan di setiap program.

Baca juga: BPDPKS: Realisasi dana Program PSR Agustus mencapai Rp6,232 triliun

Dana tersebut digunakan untuk menjalankan program-program meliputi pemberian dukungan untuk program mandatori biodiesel, peremajaan sawit rakyat, penyediaan sarana dan prasarana kelapa sawit, penelitian dan pengembangan, pengembangan sumber daya manusia, serta program promosi dan kemitraan.

Kata dia, seluruh kegiatan prioritas yang dilakukan bertujuan untuk menjaga stabilisasi harga dan efisiensi biaya produksi yang dilakukan melalui penciptaan kualitas produk yang unggul, kepastian supply, kepastian pasar dan tersedianya infrastruktur yang mendukung, utamanya untuk melakukan transformasi kesejahteraan rakyat melalui industri kelapa sawit yang berkelanjutan.

"Pada periode perlambatan ekonomi akibat Covid-19, industri sawit adalah satu dari sedikit kegiatan ekonomi yang masih berjalan dengan baik dan menyumbangkan kekuatan finansial bagi Indonesia," ujarnya.

Baca juga: BPDPKS: Isu negatif sawit merupakan persaingan dagang minyak nabati

Lanjut dia, kelapa sawit sebagai salah satu komoditas perkebunan terbukti memiliki peran penting dalam perekonomian di Indonesia, salah satunya sebagai sumber devisa negara non migas, penyedia lapangan kerja, serta menjadi bahan baku berbagai industri pengolahan di Indonesia.

Dalam mendukung industri pengolahan di Indonesia, kelapa sawit menjadi tumbuhan industri penghasil minyak masak, minyak industri, margarin, lilin, sabun, industri kosmetik, industri farmasi hingga menjadi bahan bakar biodiesel.

Tidak hanya itu, sisa pengolahan kelapa sawit dapat dimanfaatkan menjadi kompos, campuran bahan pakan ternak, biogas dan lain sebagainya.

Menurut Eddy, hal tersebut merupakan bukti industri kelapa sawit telah menjadi mesin penggerak perekonomian Indonesia, sekaligus meningkatkan taraf hidup banyak orang, memberi akses pendidikan, layanan kesehatan, teknologi dan informasi.

“Industri kelapa sawit ini telah berkontribusi pada pendapatan pemerintah, keuntungan bagi perusahaan, lapangan kerja, dan meningkatkan pendapatan bagi petani kecil,” pungkasnya.
 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021