Kairo (ANTARA News) - Mantan Presiden RI ketiga Prof Dr Bachanuddin Jusuf Habibie dan mantan Ketua MPR Prof Dr Amien Rais akan menjadi pembicara kunci dalam Forum Internasional Mengenai Transisi Demokrasi di Kairo, Mesir, pada akhir pekan ini.

Forum yang diadakan Badan PBB untuk Program Pembangunan (United Nations Development Programme/UNDP) itu akan dibuka oleh Perdana Menteri Mesir Essam Sharaf dan berlangsung selama dua hari pada Ahad dan Senin (5-6/6) dengan menghadirkan berbagai pakar dan pemimpin politik dari Asia, Eropa Timur, Amerika Latin dan Afrika Selatan.

Menurut agenda UNDP, Amien Rais dijadwalkan akan berbicara pada hari pertama, Ahad (5/6), bersama dengan beberapa tokoh lain termasuk Genaro Ariiagada, politisi kawasan Chili yang berhasil menumbangkan diktator Pinochet pada 1988, dan Cecar Nava, Ketua Partai PAN Meksiko.

Adapun Habibie diagendakan berbicara pada hari kedua, Senin (6/6) bersama dengan sejumlah tokoh, antara lain, Albie Sachs, Hakim Mahkamah Konstitusi Afrika Selatan yang ditunjuk Nelson Mandela, dan Jorge Taiana, mantan Menteri Urusan Luar Negeri dan Perdagangan Internasional Argentina.

UNDP dalam siaran persnya menjelaskan bahwa forum ini akan mendiskusikan secara mendalam ihwal transisi demokrasi dan pengalaman-pengalaman internasional dalam memecahkan kemelut politik dan mewujudkan kehidupan berdemokrasi.

Forum ini terinspirasi dari perubahan dan pengalaman sejumlah negara, terutama di kawasan Selatan-Selatan terkait dengan masa transisi di Tunisia dan Mesir menyusul perubahan rezim, dan juga untuk mencari jalan keluar dari krisis yang masih dialami sejumlah negara di dunia Arab.(*)

(T.M043/R010)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011