Belitung, Babel (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat daerah itu nihil kasus aktif COVID-19 terhitung mulai hari ini karena tiga pasien aktif terakhir dinyatakan sembuh.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Belitung, Joko Sarjono di Tanjung Pandan, Selasa, mengatakan wilayah Kabupaten Belitung dinyatakan nihil kasus COVID-19 karena seluruh pasien sudah sembuh setelah menjalani perawatan dan masa isolasi secara intensif.

"Tiga pasien COVID-19 terakhir yang menjalani perawatan dinyatakan sembuh pada hari ini," katanya.

Menurut dia, dengan sembuhnya ketiga pasien tersebut maka saat ini RSUD Marsidi Judono Belitung, pusat isolasi terpusat COVID-19 dan tempat karantina COVID-19 lainnya di daerah itu kosong dari pasien COVID-19.

Baca juga: Bangka Belitung isolasi 28 pasien COVID-19

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Belitung Timur tersisa tiga orang


"Maka dengan demikian saat ini Belitung nihil kasus aktif COVID-19," ujarnya.

Ia mengatakan kasus COVID-19 di daerah itu sejak Maret 2020 mencapai 7.784 orang, sembuh 7.551 orang dan meninggal dunia 23 orang.

Joko mengimbau, masyarakat tidak merasa berpuas diri dan lengah dalam menjalankan protokol kesehatan meskipun saat ini kasus COVID-19 di daerah itu sudah tidak ada lagi.

"Intinya adalah tetap mematuhi protokol kesehatan karena saat ini pandemi masih berlangsung dan belum dinyatakan berakhir maka segala kemungkinan bisa cepat berubah dan terjadi," ujar dia.*

Baca juga: Satgas: Bangka Belitung nihil kasus harian COVID-19

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Belitung Timur tersisa dua orang

Pewarta: Kasmono
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021