Indonesia bukan satu-satunya negara yang menghadapi masalah FTF di luar negeri.
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Boy Rafli Amar menjelaskan pandemi COVID-19 menjadi hambatan utama verifikasi identitas warga negara Indonesia yang pernah menjadi petempur asing (FTF) di berbagai negara kawasan Asia Barat, terutama Irak dan Suriah.

Walaupun demikian, sepanjang 2021 pemerintah Indonesia melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan FTF telah memverifikasi identitas 529 WNI yang tersebar di berbagai negara, terutama kamp-kamp pengungsi di perbatasan Irak dan Suriah.

"Selama 2021 kami melakukan validasi (verifikasi identitas, red.) bersama Ditjen Imigrasi, Bea Cukai, dan Densus 88, terhadap WNI di zona konflik di Suriah," kata Kepala BNPT saat jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Boy Rafli, yang saat ini juga bertugas sebagai Ketua Satgas Penanganan FTF, menyebutkan ada 2.217 WNI yang terkait dengan FTF di Irak dan Suriah, 35 WNI di Filipina, dan 23 WNI di Afghanistan.

Dari jumlah itu, tidak semua WNI merupakan eks kombatan/petempur, tetapi beberapa di antaranya merupakan anak-anak dan istri mereka.

"Anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun ada 80-an, (kemungkinan) 82. Anak-anak yang usianya lebih dari 10 tahun sebanyak 300-an," kata Boy Rafli.

Oleh karena itu, BNPT bersama lembaga lainnya yang tergabung dalam Satgas Penanganan FTF terus berupaya memverifikasi identitas WNI sebelum membuat kebijakan selanjutnya kepada mereka.

"Jadi, sangat penting sebelum ada keputusan lebih lanjut melakukan verifikasi dan asesmen terhadap mereka. Proses ini secara kondisi mengalami kendala karena masalah kepergian ke daerah-daerah tersebut membutuhkan suasana yang memungkinkan ini terus diperjuangkan," kata Kepala BNPT.

Menurut Boy, Indonesia bukan satu-satunya negara yang menghadapi masalah FTF di luar negeri.

Oleh sebab itu, Indonesia mengupayakan adanya kerja sama dengan lembaga internasional dan badan-badan intelijen untuk saling bertukar informasi.

"Kami sharing (berbagi) informasi dengan mereka termasuk dari negara-negara kawasan Arab, termasuk Irak. Kami update data-datanya," terang Boy Rafli.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BNPT lanjut berharap pandemi segera terkendali sehingga verifikasi dapat cepat rampung.

"Kami berharap dengan kondisi pandemi lebih bagus sehingga membuat kami lebih leluasa perjalanan ke luar negeri dan melakukan aktivitas verifikasi data karena memang perlu meyakinkan status (kewarganegaraan, red.)," katanya lagi.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021