Jakarta (ANTARA) - Petenis Austria Dominic Thiem mengumumkan pengunduran diri dari Grand Slam awal tahun Australian Open 2022, karena lebih memilih untuk menjalani pemulihan fisik, setelah menderita cedera pergelangan tangan yang berlarut-larut.

Mantan peringkat tiga dunia berusia 28 tahun ini absen dari lapangan sejak cedera di Mallorca Open pada Juni, termasuk absen untuk mempertahankan gelar Grand Slam lapangan keras US Open tahun ini.

"Saya sekarang merasa sehat kembali, pergelangan tangan saya dalam kondisi optimal dan saya berlatih secara normal dengan intensitas yang sangat baik," kata Thiem lewat akun Twitter, Selasa.

Baca juga: Thiem tunda comeback, mundur dari ekshibisi di Abu Dhabi
Baca juga: Dominic Thiem bakal lewatkan turnamen sisa musim 2021 karena cedera


Namun ia menjelaskan, meski sudah merasa lebih baik dari cederanya, Thiem lebih memilih melakukan perubahan jadwal turnamen musim depan setelah melalui diskusi dengan timnya.

Sebelumnya, Thiem juga mengundurkan diri dari turnamen beregu ATP Cup yang dimulai hari Sabtu di Sydney sebagai ajang pemanasan Grand Slam.

Petenis yang kini bertengger di peringkat 15 ini berakhir sebagai runner-up di Melbourne Park tahun lalu, sebelum akhirnya memenangkan gelar mayor perdananya di arena Flushing Meadows, Amerika Serikat.

Dengan melewatkan Australian Open 2022, Thiem memutuskan untuk memulai musim 2022 melalui Cordoba Open di Argentina, Amerika Selatan, pada akhir bulan Januari.

"Saya akan merindukan penggemar di Australia, tapi saya baru akan kembali (ke sana) pada 2023. Kami percaya ini adalah keputusan yang tepat untuk kembali ke kompetisi dengan lebih baik," Thiem mengungkapkan.

Sembari menunggu turnamen dimulai, untuk saat ini Thiem akan tetap di Austria dan kemudian akan berlatih di lapangan luar ruangan demi meramaikan turnamen pertamanya tahun depan.

Thiem menjadi petenis top terbaru yang mundur dari Grand Slam karena cedera setelah Roger Federer, Milos Raonic, Jennifer Brady, Karolina Pliskova, Serena Williams dan Bianca Andreescu, demikian laporan Reuters menyebutkan.

Baca juga: ATP Cup tinggal beberapa hari, Djokovic belum pastikan hadir
Baca juga: Raonic mundur dari Australian Open karena cedera tumit
Baca juga: Zverev prediksi dirinya, Djokovic dan Medvedev jadi "big three" 2022

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021