Medan (ANTARA) - Kepala Polda Sumatera Utara, Inspektur Jenderal Polisi Panca P Simanjuntak, memeriksa kesiapan pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Kami periksa Pos Pengamanan terpadu di Bandara Kualanamu.Haslnya, unsur pengamanan lengkap dari Posko terpadu ini terdiri dari Gabungan TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Otoritas Bandara, KKP, dan Angkasa Pura II," kata dia, di Medan, Selasa.

Baca juga: 120 ribu personel TNI dan Polri amankan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

Pimpinan Kepolisian Indonesia dan sejumlah pimpinan Polda Sumatera Utara turut dalam pemeriksaan itu. 

Ia menjelaskan, pelaksanaan pos pelayanan ini menerapkan sesuai dengan yang disepakati dan disampaikan pemerintah, di antaranya bagaimana peraturan perjalanan udara baik domestik dan internasional, seperti harus vaksin dua kali, swab maupun protokol kesehatan dan lain-lain.

Baca juga: Di Medan, 2.300 polisi dikerahkan dalam pengamanan Natal

"Tetap patuhi aturan pemerintah sebagai pelaku perjalanan (wisata) dimana harus divaksin dua kali, melakukan swab dan menerapkan prokes," kata dia.

Sebelumnya Simanjuntak mengatakan perayaan Natal 2021 di Sumatera Utara berjalan kondusif, aman, lancar dan tidak ada gangguan. "Kegiatan ibadah Natal berjalan cukup aman dan tetap mematuhi protokol kesehatan," ujar dia usai mengecek situasi kamtibmas di Gereja HKBP Sudirman di Jalan Imam Bonjol, Medan, Jumat malam (24/12).

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021