Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan sektor informasi dan komunikasi tumbuh positif didorong migrasi digital yang terjadi selama pandemi COVID-19.

“Tahun 2021, sektor informasi dan komunikasi itu tumbuh positif berturut-turut yaitu 8,72 persen, 6,87 persen dan 5,51 persen year-on-year. Saya sendiri melihat ini seperti blessing in disguise, di mana masyarakat dunia dan khususnya Indonesia bergerak secara cepat masuk ke era baru era digital," ujar Johnny dalam rilis pers, Selasa.

Hal itu dia sampaikan dalam Forum Pemimpin Redaksi “Mendigitalkan Indonesia: Retrospeksi 2021 dan Outlook 2022 Kementerian Kominfo, di Jakarta hari ini.

Baca juga: Menkominfo dorong pemanfaatan digital untuk kenalkan musik tradisional

Sejalan dengan pertumbuhan sektor digital di atas rata-rata ekonomi nasional, Johnny mengatakan Kominfo terus berupaya mendorong migrasi aktivitas dan memastikan kemampuan masyarakat dengan pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

Pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia sebelumnya hanya didorong dari sisi disrupsi teknologi. Namun, kata dia, pandemi COVID-19 telah memacu akselerasi transformasi digital di semua sektor.

"Karena kita negara konsumen teknologi, kita harus melakukan akselerasi di hampir semua aspek," kata dia.

Menurut Menkominfo, pandemi COVID-19 memiliki dampak kesehatan dan ekonomi, namun pemerintah berupaya memanfaatkan secara optimal dengan mendorong akselerasi transformasi digital.

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021