Saya nonton di Tanara bersama pengawal-pengawal, saya mengikuti saya melihat permainan anak-anak kita sudah cukup baik
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin berpesan agar tim nasional (timnas) Indonesia dapat memperkuat stamina dan kecepatan menjelang laga final Piala AFF 2020 di Singapura.

"Ada dua hal yang perlu dibenahi yaitu satu stamina harus diperkuat (karena) kadang-kadang staminanya kalau bermain full 90 menit jangan sampai ada perubahan, itu yang harus didorong," kata Wapres Ma'ruf Amin di Banten, Rabu.

Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand pada laga final Piala AFF 2020 yang leg pertamanya digelar di Stadion Nasional, Singapura pada Rabu (29/12).

Baca juga: Pelatih Thailand waspadai taktik Shin Tae-yong yang kerap berubah

"Kedua lari, saya lihat ini harus dibenahi," tambah Wapres.

Sebelumnya Wapres Ma’ruf Amin pada Sabtu (25/12) menyaksikan pertandingan semifinal leg kedua antara Indonesia melawan Singapura bersama dengan keluarga dan anggota Pasukan Pengamanan Presiden dan Wapres (Paspampres) Grup B di kediaman pribadinya di Tanara, Kabupaten Serang Banten.

"Yang jelas waktu semifinal saya nonton. Saya nonton di Tanara bersama pengawal-pengawal, saya mengikuti saya melihat permainan anak-anak kita sudah cukup baik," ungkap Wapres.

Wapres menilai teknik permainan tim asuhan pelatih Shin Tae-yong sudah bagus.

"Bagus sekali, bagaimana serangan-serangan, bisa menyerang, bisa bertahan itu sudah. Kalau permainan (terus) seperti itu potensi kita untuk memenangkan pertandingan," tambah Wapres.

Tim nasional Indonesia berhasil melaju ke final Piala AFF 2020 setelah menundukkan Singapura, yang diperkuat delapan pemain karena tiga nama dikartu merah, dengan skor 4-2 pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020.

Baca juga: Egy Maulana minta dukungan penuh suporter untuk taklukkan Thailand

Gol-gol Indonesia dibuat oleh Ezra Walian, Pratama Arhan, bunuh diri bek Shawal Anuar dan Egy Maulana Vikri. Sementara Singapura mempersempit jarak skor berkat gol Song Ui-young dan Shahdan Sulaiman.

Adapun tiga pemain Singapura yang diusir wasit yaitu Safuwan Baharudin, Irfan Fandi dan kiper Hassan Sunny.

Indonesia berhak ke partai puncak karena leg pertama tuntas dengan skor 1-1.

Bagi skuad "Garuda", itu menjadi final keenam sepanjang keikutsertaan di Piala AFF setelah sebelumnya mencatatkan pencapaian serupa pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016 dengan hasil tanpa gelar juara.

Final leg pertama AFF 2020 digelar pada 29 Desember sedangkan leg kedua pada 1 Januari 2022. Keduanya akan dimulai pukul 19.30 WIB atau 20.30 pada waktu setempat.

Pertemuan Indonesia dengan Thailand di final Piala AFF 2020 merupakan ulangan final Piala AFF 2000, 2002 dan 2016 yang semuanya dimenangi Thailand.

Baca juga: Kontra Thailand, Shin tak permasalahkan timnas tanpa Pratama Arhan
Baca juga: Shin tekankan pentingnya mental kuat hadapi laga final kontra Thailand

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021