Medan (ANTARA) - PT Perkebunan Nusantara-2 (PTPN-2) pada 2021 menyalurkan Santunan Hari Tua (SHT) untuk karyawan maupun ahli warisnya Rp145 miliar atau hampir menyamai jumlah penyaluran periode 2012-2020 yang Rp164 miliar.

"Alhamdulillah, untuk tahun 2021 saja manajemen bisa membayarkan SHT ke karyawan/ahli waris sebesar Rp145 miliar. Suatu pencapaian kinerja yang positif," ujar Direktur PTPN-2 Irwan Perangin-angin di Tanjung Morawa, Deliserdang, Sumut, Rabu.

Kinerja positif itu mengingat jumlah SHT yang disalurkan pada 2021 sebesar Rp145 miliar tersebut mendekati total penyaluran kurun waktu 2012-2020 yang berkisar Rp164 miliar.

Menurut Irwan Perangin-angin yang didampingi Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan Henny Mailena Siregar, peningkatan pembayaran SHT menunjukkan adanya pencapaian-pencapaian positif di perusahaan setiap tahun.

Peningkatan kinerja positif itu, baik di tingkat karyawan maupun semakin baiknya hasil produksi serta ditambah dari sektor bisnis "non-core" PTPN-2, yang semakin beragam.

Perusahaan, menurut dia, menyadari kewajiban kepada para pensiunan.

"Kami akan terus berusaha sekuat tenaga untuk memberikan yang terbaik demi kesejahteraan para karyawan dan pensiunan," ujarnya.

Baca juga: PTPN X catat kinerja positif di akhir tahun 2021

Ia menegaskan penyaluran SHT akan terus dilakukan dalam waktu yang tidak lama.

"PTPN-2 akan terus melakukan terobosan-terobosan guna mempercepat penyelesaian pembayaran SHT kepada para karyawan pensiunan maupun ahli warisnya. Mohon dukungan juga dari semua pihak," katanya.

Salah satu penerima SHT yang pensiun pada 2009 dari Kebun Gohor Lama, Langkat, Tumino, menyatakan berterima kasih kepada Direktur PTPN 2 atas kepedulian kepada pensiunan.

"SHT ini sudah lama kali kami tunggu-tunggu dan menjadi pengharapan bagi keluarga sejak pensiun tahun 2009.Kami berterima kasih kepada Bapak Irwan Perangin-angin yang akhirnya bisa memenuhi harapan kami yang sudah lama," katanya.

Barjo, pensiunan 2012 dari Kebun Batang Serangan, Langkat, juga mengapresiasi kinerja manajemenn PTPN 2 di bawah kepemimpinan Iwan Perangin-angin yang cepat menyalurkan SHT.

Baca juga: Listrik premium PLN tekan ongkos produksi PTPN VI

Tentunya, katanya, para pensiunan bisa menggunakan uang SHT itu untuk kelangsungan hidup

"Kami mendoakan semoga SHT pensiunan untuk seluruh karyawan segera terselesaikan dan ke depannya PTPN 2 kembali jaya seperti dahulu sehingga karyawan sejahtera," katanya

Sekretaris Pengurus Cabang Persatuan Purnakarya Perkebunan Republik Indonesia (P3RI) PTPN- 2, Taslim, mengatakan P3RI mengapresiasi kinerja Direktur PTPN 2 Irwan Perangin-angin.

"Apresiasi karena selama kepemimpinan Irwan Perangin-angin, pembayaran SHT bisa dilakukan dengan cepat dan jumlah yang sangat banyak," katanya.

Kepedulian yang tinggi Irwan Perangin-angin terhadap nasib pensiunan dengan wujud menyegerakan pembayaran SHT yang menjadi penantian para pensiunan, diapresiasi.

"Ke depannya, cabang P3RI PTPN-2 berharap, pembayaran SHT bisa semakin berjalan lebih lancar lagi sehingga tidak ada lagi SHT yang masih tertunda pembayarannya, dan PTPN 2 semakin jaya," ujarnya.

Baca juga: PTPN V sinergi bersama petani lewat program Sawit Rakyat
Baca juga: PTPN X catat kinerja positif musim giling 2021

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021