Dua Siswa Kaltim Ikut Olimpiade Kimia di Slovakia

Samarinda (ANTARA News) - Dua siswa asal Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang mendapat beasiswa untuk belajar di SMA Kharisma Bangsa Jakarta, akan mengikuti Olimpiade Ekspo Sains International (ESI) di Bratislava, Slovakia.

"Olimpiade ESI itu akan digelar selama sepekan, yakni pada 18 hingga 23 Juli 2011, sedangkan dua siswa dari Kaltim itu bernama Dita Shafrina dan Rizky Rahmadina," tutur Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA- Dinas Pendidikan Kaltim Asli Nuryadin di Samarinda, Kamis.

Menurut dia, dua siswa itu berasal dari dua kota berbeda, yakni Dita dari Samarinda dan Rizky berasal dari Balikpapan. Sedangkan olimpiade yang diikuti adalah bidang kimia.

Mereka hanya sebagian kecil dari 100 lebih siswa Kaltim yang mendapat beasiswa dari Pemprov Kaltim untuk belajar di sekolah Pasiad maupun sekolah berstandar internasional yang tersebar di Pulau Jawa.

Saat ini, lanjut dia, Dinas Pendidikan Kaltim masih berupaya untuk memberikan bantuan uang saku untuk dua siswa yang akan bertanding di luar negeri tersebut.

Dia berharap agar dua orang itu bisa mendapat nominasi, kemudian masuk final yang pada akhirnya bisa mendapat prestasi di ajang internasional bergengsi itu, sehingga nama Kaltim khususnya, atau nama Indonesia umumnya bisa lebih dikenal di kancah internasional.

Menurutnya, dengan berhasilnya siswa asal Kaltim yang berhasil lolos ke ajang olimpiade internasional itu, hal ini menggambarkan bahwa tingkat kemampuan intelektual anak-anak Kaltim tidak kalah dengan daerah lain.

Dua anak Kaltim itu akan berangkat ke Slovakia bersama empat siswa lain dari provinsi berbeda di Indonesia. Sebelumnya mereka mengikuti lomba Indonesia Science Project Olympiade (ISPO) tingkat nasional.

Lomba tersebut menitik beratkan pada bidang penelitian kimia, sedangkan lomba yang digelar di Jakarta pada 23-25 Februari 2011 itu, kemudia ada dua siswa dari Kaltim yang berhasil mendapat juara II atau meraih medali Perak.

Dari kemenangan itulah, kemudian panitia mengambil anak-anak terbaik itu yang selanjutnya diikutkan pada perlombaan sejenis di tingkat Internasional.

"Kami terus mendorong-anak-anak Kaltim lainnya untuk meningkatkan kemampuan bidang studi, agar mereka bisa belajar di sekolah-sekolah Pasiad melalui beasiswa yang sudah disiapkan Disdik Kaltim, sehingga mereka bisa berprestasi internasional seperti dua siswa yang akan ikut Olimpiade ESI itu," kata Asli mengakhiri. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar