Jakarta (ANTARA) - Kejadian yang baru-baru ini dialami seorang pengguna pengeras suara pintar membuat orang tua harus ekstra hati-hati mengawasi anak saat menggunakan gawai.

Kristin Livdahl, dikutip dari The Verge, Rabu, mendapati anaknya bertanya kepada smart speaker Echo buatan Amazon tentang tantangan atau challenge di media sosial.

Asisten virtual Alexa memberikan rekomendasi seperti ini "Ini lah yang saya temukan di web. Menurut ourcommunity.com: Tantangannya sederhana: colok alat pengisi daya ponsel setengah saja ke stop kontak, lalu sentuh dengan uang koin ke colokan yang terlihat".

Amazon menyadari hasil pencarian tersebut, akhirnya membenahi Alexa supaya tidak memberikan hasil seperti itu lagi.

Lividahl melalui media sosial mengumumkan tidak bisa lagi bertanya soal tantangan media sosial ke pengeras suara pintar itu.

Setelah kejadian itu, Lividahl menyadari untuk memeriksa keamanan internet dan tidak begitu saja percaya pada apa yang disajikan tanpa mencari tahu kebenarannya.

Amazon bukan satu-satunya produsen smart speaker yang mengalami peristiwa seperti itu. Beberapa waktu lalu, pengguna Google menemukan hasil pencarian yang berbahaya soal kesehatan.

Ketika mencari pertolongan pertama pada kejang-kejang dengan kata kunci "had a seizure now what", dia justru menemukan hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan kepada orang yang sedang kejang.

Baca juga: Asisten virtual Alexa eror, kirim percakapan acak ke kontak

Baca juga: Saingi Amazon, Google siapkan speaker berlayar


Baca juga: Google jamin pengguna tak alami kejadian seperti Amazon Echo

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021