Palembang (ANTARA) - PT Pusri Palembang, anak perusahaan BUMN PT Pupuk Indonesia (Persero), kembali meraih penghargaan Proper Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang diserahkan secara virtual pada Selasa (28/12/2021).

VP Humas Pusri Soerjo Hartono di Palembang, Rabu, mengatakan Proper Hijau 2021 ini merupakan penghargaan ke-10 yang diraih Pusri sejak 2011.

Hal ini merupakan wujud kontribusi Pusri dalam memberdayakan masyarakat sekitar perusahaan dengan selalu memperhatikan pengelolaan lingkungan hidup yang baik.

Penghargaan Proper ini merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah untuk industri yang memiliki kinerja terbaik di kategori lingkungan serta pengembangan masyarakat di sekitar area operasional perusahaan.

Soerjo yang mewakili manajemen Pusri menyampaikan bahwa Pusri selalu berupaya dalam memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar melalui pengembangan serta program-program yang ditujukan untuk masyarakat di lingkungan perusahaan.

Adapun kriteria pengelolaan lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat dalam Proper meliputi sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi, penurunan emisi dan gas rumah kaca, efisiensi air, penurunan dan pemanfaatan limbah B3, pengelolaan 3R sampah, perlindungan keanekaragaman hayati, pengembangan masyarakat, penerapan life cycle assessment serta social return of invesment.

"Kami akan terus meningkatkan inovasi dan kinerja lingkungan perusahaan, agar dapat mempertahankan Proper Hijau bahkan mendapatkan Proper Emas," tutup Soerjo.

Proper Hijau tahun ini dengan mengusung Tema "Inovasi Sosial untuk Indonesia Maju".

Hadir secara virtual, Wapres RI Ma’ruf Amin mengucapkan selamat kepada perusahaan penerima anugerah Proper karena berhasil dan dapat mengelola lingkungan hidup secara baik dan lestari.

"Selama 24 Tahun, Proper telah berkembang menjadi media bagi dunia usaha untuk melakukan praktik bisnis yang berkelanjutan, dengan menerapkan prinsip ekonomi hijau”, kata Wapres Ma’ruf Amin dalam sambutannya di Istana Wapres.

Baca juga: PT Petrokimia Gresik raih penghargaan Propernas Emas
Baca juga: Pusri siapkan kebutuhan pupuk urea di sembilan provinsi
Baca juga: Pupuk Indonesia siapkan pupuk subsidi 18.482 ton di Sumsel

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021