Jakarta (ANTARA) - Warga peserta nonton bareng (nobar) laga Final AFF Indonesia vs Thailand di sekitar Bakmi DKI, Rawa Belong, Pal Merah, Jakarta kompak menyanyikan lagu Indonesia Raya, Rabu malam.

Hal tersebut dilakukan kala pemain Timnas menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum dimulainya laga final.

Para penonton seakan bernyanyi bersama dengan para pemain yang tampil di layar proyektor lapangan parkir Bakmi DKI.

Mereka menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia sambil berdiri dengan tegak. Sebagian dari mereka ada yang bernyanyi sambil menyimpangkan tangan kanan di dada.

Beberapa dari mereka juga ada yang mengibarkan bendera merah putih menggunakan bambu yang tingginya diperkirakan mencapai tiga meter.

Baca juga: Ayo beri dukungan timnas Indonesia di Final Piala AFF dari rumah

Setelah lagu kebangsaan selesai didendangkan, para penonton di lokasi sontak bersorak sorai sambil menyanyikan lagu yel-yel untuk menyemangati Timnas.

Dari pantauan Antara di lokasi pukul 19.30 WIB, suasana di lokasi tempat digelarnya nobar berjalan kondusif.

Warga yang datang terpantau memakai masker sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan.

Selain itu, mereka terpantau menonton jalannya pertandingan dengan tertib tanpa adanya lontaran kalimat kasar.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Barat mengimbau warga yang ingin menggelar nobar Final AFF 2020 antara Timnas Indonesia melawan Thailand agar mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga: LaNyalla ajak masyarakat doakan Timnas menang lawan Thailand

"Untuk tempat seperti kafe atau restoran yang menggelar 'nobar' kita ingatkan yang penting kapasitas 50 persen dan sudah pakai aplikasi PeduliLindungi," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Barat Tamo Sijabat.

Tamo juga mengingatkan pihak penyelenggara "nobar" untuk menyediakan tempat cuci tangan, pencuci tangan (hand sanitizer) dan pengukur suhu tubuh (thermo gun) sesuai dengan standar prokes yang telah ditentukan.

Jika jajarannya ada pelanggaran ketentuan prokes pada "nobar", pihaknya siap melakukan tindakan berupa teguran hingga penutupan tempat usaha.

Tidak hanya kepada penyelenggara acara, Tamo juga mengimbau kepada para pengunjung untuk berjaga jarak dan memakai masker saat kegiatan "nobar" berlangsung.

"Jangan sampai karena 'nobar', prokes diabaikan. Harus ada kesadaran dari masyarakat tentang pentingnya taat prokes," kata dia.

Baca juga: Timnas Indonesia, pesimisme Alan Hansen dan final versus Thailand

Tim Nasional Indonesia menghadapi Thailand pada laga final Piala AFF 2020 setelah Thailand menahan imbang Vietnam dengan skor 0-0 pada laga "leg" kedua semifinal di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (26/5) malam.

Thailand berhak ke babak puncak lantaran pada "leg" pertama menang 2-0 atas Vietnam. Adapun timnas Indonesia melaju ke final karena unggul agregat 5-3 atas Singapura di empat besar.

Pertemuan Indonesia dengan Thailand di final Piala AFF 2020 merupakan ulangan final Piala AFF 2000, 2002 dan 2016.

Pada tiga laga tersebut, Thailand selalu menundukkan Indonesia dan berhak menyandang gelar juara.

Final Piala AFF 2020 berlangsung dua "leg" yaitu pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022.

Baca juga: Pemkot Jakbar imbau warga gelar "nobar" final AFF sesuai prokes

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021