Surabaya (ANTARA News) - Tiga wakil Indonesia lolos ke babak semifinal turnamen tenis internasional "PGN Men`s Future and Women`s Circuit 2011", setelah mengalahkan lawan-lawannya pada laga di Lapangan Tenis Kodam V Brawijaya Surabaya, Jumat.

Pada kelompok putra, petenis nasional Christopher Rungkat menjadi satu-satunya wakil tuan rumah yang tersisa usai mengalahkan pemain nonunggulan asal China, Gao Wan, dengan skor 6-7 (4), 6-2, 6-2.

Sedangkan dua petenis lain yang lolos dari kelompok putri adalah unggulan pertama Jessy Rompies dan "seeded" kedua Sandy Gumulya.

Jessy Rompies yang selalu bermain tiga set pada dua laga sebelumnya, kali ini meraih kemenangan 6-2, 6-4 saat menghentikan perlawanan petenis China, Xuanshou Ou.

Sementara rekannya Sandy Gumulya harus mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya untuk menyisihkan unggulan keenam asal Meksiko, Nadia Abdala, dalam pertarungan tiga set yang berakhir 6-1, 5-7, 6-4.

"Ketika kalah pada set pertama, saya mencoba memperlambat tempo permainan di set kedua karena lawan punya pukulan yang cukup bagus dan tajam," kata Christo yang menjadi juara seri pertama turnamen ini pekan lalu di Jakarta.

Selain servis pertama yang lebih tajam, kemenangan Christo pada dua set berikutnya juga tidak lepas dari menurunnya kondisi fisik lawan.

"Saya lihat dia mulai kehabisan stamina di set kedua, sehingga saya terus berusaha menekannya," tambahnya.

Pada babak semifinal, Christo yang disiapkan menghadapi SEA Games 2011 itu, akan menantang unggulan pertama Mark Verryth asal Australia yang menumbangkan wakil Indonesia lainnya Seno Hartono dalam dua set 7-5, 6-2.

Partai semifinal lainnya akan mempertemukan dua petenis asal Jepang, yakni Arata Onozawa melawan Kento Takeuchi.

Onozawa yang menempati unggulan kedua, mendapat keuntungan karena lawannya Richard Becker asal Jerman mengundurkan diri karena kelelahan. Saat itu, Onozawa sedang memimpin 4-2.

Sementara Takeuchi menyingkirkan petenis asal Thailand Warit Sornbutnark dengan skor 7-6 (4), 6-0.

Pada semifinal putri, Jessy Rompies akan menghadapi pemain nonunggulan asal China, Kai-Lin Zhang, yang mengalahkan rekan senegaranya Ai Wen Zhu 7-6 (2), 7-6 (10).

Sedangkan Sandy Gumulya bertemu juara seri pertama sekaligus unggulan ketiga asal China, Lin Zhu, yang juga menang atas rekannya sendiri, Zi Yang, dengan skor 6-3, 6-3.

"Permainan saya hari ini sudah jauh lebih baik dari dua laga sebelumnya. Untuk semifinal besok, saya main tanpa beban saja dan berusaha tidak banyak membuat kesalahan sendiri," ujar Jessy Rompies.(*)

D010/R007

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011