Jakarta (ANTARA/JACX) - Di Facebook, terdapat unggahan yang menyakini Maskapai Garuda Indonesia diakuisisi China Airlines.

Unggahan yang muncul pada 21 Desember itu menyertakan tangkapan layar mirip konten media daring dengan judul "Maskapai Garuda Indonesia Diakuisisi China Airlines?"

Berikut narasi yang menyertai unggahan itu:
“Sedih banget lihatnya yah Jika gambar maskapai kebanggaan GARUDA INDONESIA kini Benar sudah dibalik namanya?”

Namun, benarkah maskapai Garuda Indonesia telah diakuisisi China Airlines?
 
Unggahan misinformasi yang menyakini maskapai Garuda Indonesia telah diakuisisi oleh China Airlines. (Facebook)


Penjelasan:
Tangkapan layar pada unggahan tersebut merupakan konten milik situs Suaranasional.com (https://suaranasional.com/2021/12/17/maskapai-garuda-indonesia-diakuisi-china-airlines/).

Penelusuran ANTARA terhadap konten itu menemukan, konten bukanlah produk berita yang berisi laporan terhadap peristiwa berdasarkan fakta atau wawancara narasumber terkait judul, melainkan merupakan konten opini dari penulis.

Konten opini dalam situs itu secara tersirat telah disampaikan penulis menyusul penulisan judul menggunakan akhiran tanda tanya (?).

Penulis itu juga menyebut, "..dalam narasinya, disampaikan bahwa Garuda Indonesia bekerjasama dengan China Airlines."

Terkait kerja sama Garuda Indonesia dan China Airlines, merupakan proses bisnis yang resmi antara kedua maskapai sebagaimana terdapat dalam berita ANTARA.

Selain China Airlines, Garuda Indonesia juga bekerja sama dengan 13 maskapai lain global seperti Japan Airlines, Etihad Airways, KLM Royal Dutch Airlines, hingga Saudi Arabian Airlines.

Kerja sama itu merupakan "codeshare" yaitu Garuda Indonesia akan menjadi maskapai penerbangan yang melayani rute domestik dari penumpang maskapai mitra yang masuk wilayah Indonesia.

Selain itu, tidak terdapat pernyataan resmi korporat, baik dari Garuda Indonesia ataupun China Airlines, yang menyatakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara bidang penerbangan itu telah diakuisisi oleh pihak China.

Klaim: Garuda Indonesia diakuisisi China Airlines
Rating: Misinformasi

Cek fakta: Hoaks! Video radar enam pesawat diduga berisi WNA

Baca juga: Garuda Indonesia dan Emirates kerja sama perluas jaringan penerbangan

Baca juga: Garuda Indonesia proyeksikan peningkatan wisata domestik 2022

Pewarta: Tim JACX
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2021