Samarinda (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan memberikan penghargaan Adiwiyata di bidang lingkungan hidup kepada sejumlah sekolah yang berwawasan lingkungan, di antaranya SMP Negeri 10 Samarinda.

"Rencananya penghargaan diserahkan langsung oleh Pak Presiden di Istana Negara pada 6 Juni 2011. Rencananya, saya yang akan berangkat untuk menerima penghargaan itu," ujar Kepala SMPN 10 Samarinda, Erminawati di Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu.

Dia melanjutkan, penghargaan bergengsi bidang lingkungan hidup ini kembali diraih SMP Negeri 10 Samarinda untuk yang keempat kalinya.

Sebelumnya SMP itu sudah tiga kali berturut-turut menyabet penghargaan tersebut yakni pada 2008, 2009, dan 2010, kemudian pada 2011 kembali meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri di tingkat nasional.

Dia mengaku bersyukur atas prestasi yang diperoleh sekolah yang dipimpinnya tersebut. Penghargaan itu tidak luput dari peran aktif seluruh warga, orang tua siswa, sekolah dan para siswa sendiri untuk mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan.

Menurutnya, di Kalimantan Timur (Kaltim), selain SMP Negeri 10, juga ada SMP Negeri 1 Balikpapan yang akan menerima penghargaan yang sama dari Presiden RI.

Penghargaan yang akan dia terima itu berdasarkan penilaian oleh tim peninjau lapangan yang dilakukan sejak Maret hingga Mei 2011, sehingga penilaian itu objektif dan tidak ada tendensi apapun.

Dia berharap adanya prestasi ini bisa memicu sekolah lain di Samarinda agar bisa memperoleh hal yang sama dengan tujuan memajukan pendidikan. Selain itu, sekolah yang sehat atau berwawasan lingkungan bisa membuat suasana belajar mengajar lebih nyaman.

Prestasi yang diperoleh empat kali berturut-turut ini tidak lantas membuat sekolah cepat berpuas diri, namun hal itu justru menjadi cambuk untuk mempertahankan, bahkan meningkatkan agar suasana sekolah lebih asri dan lebih ramah lingkungan.

Hal ini perlu dilakukan karena ke depannya, sekolah masih memiliki pekerjaan lebih berat lagi, yakni untuk menuju tahapan Adiwiyata Kencana, suatu tingkatan tertinggi bidang lingkungan hidup untuk kategori 5.

"Tahapan itu diperuntukkan khusus bagi sekolah yang sebelumnya telah meraih penghargaan Calon Adiwiyata, Adiwiyata Pratama, Adiwiyata Madya, dan Adiwiyata Mandiri. Saya berharap Pemkot Samarinda mendukung untuk mencapai penghargaan tertinggi nanti," ujar Ermin berharap.(*)
(T.KR-GFR/A041)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011