Cirebon (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta kepada petugas untuk bersiap menghadapi arus balik libur Natal dan tahun baru, terutama dengan "memanage" lalu lintas di titik kemacetan.

"Mari kita kawal, ada beberapa titik yang krusial, agar di titik itu dimanage dengan baik, supaya tidak terjadi sumbatan," kata Menhub Budi di Cirebon, Kamis, saat melakukan kunjungan kerja di Mapolresta Cirebon.

Menhub Budi mengatakan di Jawa Barat, ada beberapa titik yang biasa mengalami kemacetan, terutama di daerah yang menjadi pertemuan kendaraan.

Seperti di Tol Cikampek, di mana terdapat pertemuan kendaraan dari Tol Cipularang dan dari Tol Cipali, sehingga petugas perlu memanage arus lalu lintas.

Baca juga: Menhub: Pengetatan prokes di Pelabuhan Ketapang bisa dicontoh

Selain itu lanjut Menhub Budi, petugas juga harus mengawasi daerah tujuan wisata, seperti di Bandung, Bogor dan lainnya.

"Di tempat wisata juga perlu diperhatikan, agar tidak terjadi kemacetan," tuturnya.

Budi menambahkan untuk memastikan semua terlaksana dengan lancar, pihaknya mengumpulkan 22 Polres yang berada di Polda Jawa Barat, untuk mendiskusikan kelancaran lalu lintas.

"Kami mengumpulkan 22 polres se Jabar. Dan kami diskusikan hal yang penting, apa yang harus dilaksanakan," katanya.

Menhub memastikan petugas di lapangan tidak akan melakukan penyekatan, karena memang pemerintah memperbolehkan masyarakat melakukan perjalanan, namun tetap harus menaati protokol kesehatan.
​​​​​​
"Apa yang kita laksanakan didasari narasi bahwa silahkan melakukan perjalanan, kita akan melayani. Tetapi melakukan apabila dianggap penting, dan kalau tidak penting lebih baik di rumah saja," kata Menhub.*

Baca juga: Menhub pantau prokes di terminal Purabaya dan bandara Juanda

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021