Kami optimistis dengan persiapan yang telah kami tempuh dan modal kuat yang kami miliki, yakni komposisi pemain, akan mampu memberikan yang terbaik
Gresik, Jatim (ANTARA) - Tim bola voli putri Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia Volleyball Team akan diperkuat dua pemain asing dalam menyambut ajang Proliga 2022, yaitu Yuliya G dari Rusia dan Jennifer Alvarez dari Kuba.

Ketua Umum Perkumpulan Bola Voli Petrokimia Gresik (PBVPG), Koko Sudiro di Gresik, Kamis mengatakan, kehadiran pemain asing menjadi langkah persiapan yang diambil Tim Voli Petrokimia Gresik sebelum bertanding di Proliga 2022.

Untuk total pemain yang memperkuat tim Petrokimia Gresik, Koko menyebut sebanyak 17 pemain Proliga, dan 5 pemain non Proliga, dengan pelatih Bung Ayub.

"Keikutsertaan Petrokimia Gresik kali ini merupakan yang ke-19, setelah absen satu kali di tahun 2020 dan tahun 2021 ditiadakan karena pandemi COVID-19," kata Koko, ditemui saat peluncuran tim di Gresik.

Koko telah meminta pelatih menggelar latihan secara intensif untuk penguatan formasi pemain, agar mampu berprestasi di ajang Proliga 2022.

"Kami optimistis dengan persiapan yang telah kami tempuh dan modal kuat yang kami miliki, yakni komposisi pemain, akan mampu memberikan yang terbaik," katanya.

Baca juga: Proliga 2022 akan digelar dengan sistem semi-bubble

Dalam peluncuran itu, juga diresmikan jersey atau kostum tim dengan kombinasi warna hijau-kuning, selaras dengan corporate color identity Petrokimia Gresik.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo dalam pidato peluncuran mengatakan, peluncuran tim baru ini merupakan upaya perusahaan menjaga komitmen berkontribusi pada bidang olahraga di Indonesia.

"Petrokimia Gresik tidak hanya berupaya menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi dan ramah lingkungan di sektor agroindustri, tapi juga ikut berperan bagi kemajuan olahraga di Indonesia," kata Dwi.

Selain voli, Dwi menyebut, beberapa cabang olahraga binaan Petrokimia Gresik antara lain silat, voli, renang dan senam.

"Komitmen tersebut sudah dijawab dengan capaian prestasi yang membanggakan di tingkat regional dan nasional, bahkan internasional," ujar Dwi.

Sementara itu, Proliga 2022 akan digelar pada 7 Januari 2022 di Sentul, Bogor dan diikuti sebanyak 11 tim bola voli.

Baca juga: 11 tim bola voli siap berlaga di Proliga 2022

Secara jumlah, peserta yang mengikuti Proliga 2022 tidak ada perubahan yakni enam putra dan lima putri. Namun, ada perbedaan dari tim peserta dibanding Proliga 2020.

Di bagian putra terdapat dua tim baru yaitu Bogor LavAni dan Kudus Sukun Badak. Tim lain yang tidak lagi mengikuti kompetisi ini adalah Jakarta MHS.

Pada bagian putri, terdapat peserta yang kembali berkiprah yaitu Jakarta Elektrik PLN. Tim yang pernah menjuarai Proliga sebanyak enam kali itu absen pada Proliga 2020. Klub milik BUMN itu sudah hadir sebagai peserta pada tahun ketiga Proliga yakni 2004.

Enam tim putra yang akan berlaga di Proliga 2022 adalah Jakarta BNI 46, Surabaya Bhayangkara Samator, Palembang Bank SumselBabel, Jakarta Pertamina Pertamax, serta dua pendatang baru yakni Bogor LavAni dan Kudus Sukun Badak.

Sementara, lima tim putri terdiri atas Jakarta Popsivo Polwan, Bandung bjb Tandamata, Petrokimia Gresik, Jakarta Pertamina Fastron, dan Jakarta Elektrik PLN.

Baca juga: Pevoli Brazil dan pemain berlabel timnas perkuat BSB pada Proliga 2022
Baca juga: PLN Mobile Proliga 2022 untuk cetak atlet voli berprestasi
Baca juga: Menpora yakin kegiatan olahraga berangsur pulih pada 2022

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021