Surat panggilan kepada Bahar Smith langsung diterima Bahar Smith.
Bandung (ANTARA) -
Wakapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Pol Eddy Sumitro Tambunan memastikan Bahar Smith telah menerima surat pemanggilan terkait penyidikan kasus ujaran kebencian yang ditangani Polda Jabar.
 
Menurut Eddy Sumitro, di Bandung, Kamis, Bahar Smith dijadwalkan dilakukan pemanggilan untuk diperiksa pada Senin, 3 Januari 2022.

Adapun, kata dia lagi, surat pemanggilan itu telah dilayangkan pada Kamis pagi.
 
"Penyidik Polda Jawa Barat telah melayangkan surat panggilan kepada Bahar Smith, dan langsung diterima Bahar Smith," kata Eddy Sumitro di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar, di Kota Bandung.
 
Eddy mengatakan penyidikan Bahar itu terkait dengan dugaan melanggar Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45A ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).
 
Namun, ia pun belum menyebutkan secara rinci unsur pelanggaran yang melibatkan Bahar Smith. Ia memastikan akan terus menyampaikan perkembangan kasus tersebut.
 
Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi A Chaniago menyebut Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) yang diserahkan ke Bahar Smith bukan terkait soal ucapannya yang bersinggungan dengan Jenderal Dudung Abdurachman.
 
"Tidak ada kaitannya dengan permasalahan seperti itu, namun kami sedang menyelidiki dari apa yang disampaikan di suatu tempat," kata Erdi, di Polda Jabar, Kamis.
 
Erdi mengatakan kasus yang melibatkan Bahar itu sudah naik ke tahap penyidikan dengan diserahkannya SPDP secara langsung ke Bahar.
Baca juga: Bahar Smith dipanggil Polda Jawa Barat pada Senin pekan depan
Baca juga: Polda Jabar: Bahar Smith masih berstatus saksi

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021