Jakarta (ANTARA) - Pengunjung restoran di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara bubar saat kedatangan Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim pada Kamis (30/12) malam.

Mereka bubar setelah mengetahui bahwa wali kota tak sendiri, tetapi juga membawa personel patroli gabungan operasi yustisi wilayah Jakarta Utara yang menegakkan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 di DKI Jakarta.

Pantauan ANTARA, para pemuda dan pemudi yang menjadi pengunjung restoran berhamburan keluar dari dalam restoran tersebut saat petugas masuk restoran.

"Tamu" yang datang adalah belasan personel patroli gabungan terdiri atas unsur kepolisian, TNI dan aparat pemerintah daerah, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Utara.

Pemilik restoran juga diimbau oleh Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim agar mematuhi PPKM Level 1 di warung makan di mana batas operasional ditentukan hingga pukul 22.00 WIB dengan kapasitas maksimal pengunjung 75 persen dari total kapasitas.

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 21.00 WIB itu dalam rangka membatasi mobilitas masyarakat serta menurunkan risiko penularan COVID-19.

Baca juga: Satpol PP Jakpus sidak di Duta Merlin dan kuliner di Pecenongan

Wali Kota Ali Maulana Hakim mengatakan pembatasan operasional restoran tersebut disosialisasikan agar restoran mematuhi protokol kesehatan dan menghindari kerumunan, terlebih saat perayaan malam pergantian tahun.

"Bukan berarti kami melarang beraktivitas, kami hanya meminta untuk taat kepada protokol kesehatan. Jadi kalau ada nanti perayaan-perayaan di pemukiman juga, itu nanti akan diimbau kalau bisa dengan keluarganya masing-masing di rumah saja," kata dia.

Ali juga mewanti-wanti pengelola tempat wisata di Jakarta Utara, seperti di Taman Impian Jaya Ancol, agar dapat mengosongkan area pukul 15.00 WIB.

Untuk itu, pada Rabu (29/12), sudah diimbau bahwa Taman Impian Jaya Ancol memberlakukan pembatasan jam kunjungan di area rekreasi tersebut hingga pukul 14.00 WIB.

Tak hanya untuk tempat wisata, kawasan ruang terbuka hijau seperti Danau Sunter pun ditutup mulai Jumat (31/12) hingga 1 Januari 2022.

"Jadi malam tahun baru tutup, juga liburan tahun baru juga tutup," kata Ali.

Baca juga: Legislator DKI sidak pembangunan pusat kuliner di Pluit
Baca juga: PHRI DIY gelar sidak pastikan hotel restoran taat protokol kesehatan
Baca juga: Satpol PP sidak restoran dan perkantoran di Jaksel

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021