Padang (ANTARA News) - Dua tim balap sepeda dari negara asing mengundurkan diri dari Tour de Singkarak (TDS) 2011 yang akan digelar 6-12 Juni mendatang.

"Dua tim undur diri yakni Tabriz Petrochemicl Cycling Team dari Iran serta Giant Kenda Cycling Team dari Taiwan," kata Kasubid Pemasaran Kemenbudpar Raseno Arya di Padang, Minggu.

Menurutnya, tim yang mengundurkan diri tersebut disebabkan salah satu pebalapnya mengalami cedera ketika latihan sebelum tiba di Padang.

"Surat pengunduran diri sudah kami terima pekan lalu. Alasan mereka karena dalam latihan salah satu pembalap kecelakaan. Karena tidak ada pembalap cadangan, mereka lantas membatalkan partisipasi tahun ini," katanya.

Dia menambahkan, batalnya Tabriz Petrochemicl Cycling Team dari Iran membuat peta persaingan menjadi berubah.

Juara tahun lalu, Gadher Mizbani, yang merupakan andalan tim Tabritz, sudah lebih dulu menyatakan tidak bisa tampil di Tour de Singkarak. Mizbani merupakan juara bertahan TdS 2009 dan 2010.

"Tabritz Petrochemical merupakan salah satu tim balap sepeda elite Asia yang juga menjuarai TdS 2009," kata Raseno Arya.

Dia mengatakan, ada dua negara asing baru pertama kali ikut dalam perrtanding event balap sepeda TDS 2011, yaitu Belanda dan Australia.

Australia mengirimkan dua tim, yaitu Plan B Racing Team dan Eddy Hollands Bicycle Services, sedangkan Belanda hanya satu tim yakni Global Cycling Team.

Para pembalap sudah berada di Kota Padang sejak 4 Juni 2011 dan mereka melakukan latihan pada 5 Juni.

Pembalap asing yang membela 14 tim menginap di Hotel Best Western Basko, sementara atlet nasional dan lokal menginap di berbagai hotel yang ada di Kota Padang seperti, Hotel Pangeran City dan Hotel Aliga," katanya.

Pada event yang diikuti 225 pembalap tersebut, panitia menyediakan hadiah total sebesar Rp750 juta.

Hadiah tersebut dibagi dalam tujuh etape yang besar hadiah per etape sudah ditetapkan oleh pihak koordinator hadiah dari Pengurus Besar Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (PB ISSI).

"Hadiah dalam event ini dibagi dalam beberapa katagori, yakni individual, sprint, raja tanjakan, tim, kategori pebalap Indonesia dan klasifikasi secara umum," kata Raseno Arya.

Peserta asing dari 14 tim (negara) berasal dari Jepang (Aisan Racing Team), RRC (Holy Brother Cycling Team), Iran (Azad University), Filipina (Eleven), Australia (Plan B Racing Team dan Eddy Hollands Bicycle Services), Malaysia (Trengganu Pro Asia Cycling Team dan Le Tua), Belanda (Global Cycling Team), Taiwan (Giant Kenda Cycling Team, Team Fuji, dan Action Cycling Team), Singapura (OCBC NISP Cycling Team).

Sebagai tuan rumah, Indonesia menurunkan 11 tim, yaitu Araya Indonesia (Sidoarjo), Custom Cycling Club (Jakarta), Polygon Sweet Nice (Surabaya), Putra Perjuangan (Bandung), United Bike Kencana Team (Malang), Tirta Cycling Team (Solo) Binong Baru Passel (Cirebon), DKI Jakarta, Peng-ISSI Provinsi Sumbar, Prima Utama, dan Prima Muda (Pelatnas Sea Games). (ZON/A032/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011