Jakarta (ANTARA) -
Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM BRI) sebagai salah satu Lembaga Amil Zakat (LAZ) nasional hingga penghujung tahun 2021 melalui program pendayagunaan zakat menyalurkan lebih dari 900 gerobak dalam program "Gerobak Bermakna".

Melalui taklimat media yang diterima di Jakarta, Jumat, YBM BRI menyatakan program tersebut merupakan program pemberdayaan zakat dalam bidang ekonomi yang bertujuan meningkatkan taraf hidup mustahik (penerima manfaat zakat) melalui intervensi pemberian bantuan berupa Gerobak Usaha dan Stimulus Modal Usaha.
 
Dalam taklimat tersebut, disebutkan bahwa YBM BRI telah menyalurkan 951 "Gerobak Bermakna" kepada pedagang kecil dari berbagai sektor usaha di seluruh Indonesia.

Baca juga: Sumbangsih Baitul Maal untuk yatim terdampak COVID-19
 
Usaha itu, mulai dari toko kelontong, makanan, dan minuman. Sedangkan jenis gerobak yang diberikan juga berbagai macam, yakni gerobak dorong, etalase, dan motor.
 
Hadirnya gerobak ini membantu pedagang kecil yang kehilangan pekerjaan akibat terdampak COVID-19 atau karena minimnya modal usaha.
 
Selain itu, "Gerobak Bermakna" ini juga memudahkan mobilitas pedagang untuk berjualan, meningkatkan kebersihan gerobak dan produk yang dijual, serta menambah ketertarikan calon pembeli.

Salah satu penerima manfaat, Parni mengaku bersyukur bisa mendapat bantuan "Gerobak Bermakna" itu. "Alhamdulillah setelah dapat Gerobak Bermakna usaha saya makin lancar. Pagi-pagi saya bisa jualan nasi uduk, sedangkan siangnya gado-gado dan karedok," katanya.
 
Ia menjelaskan pembeli yang tadinya bukan langganan, jadi berlangganan karena dagangannya makin bersih dan rapi. Atas bantuan itu, Parni menyampaikan terima kasih kepada YBM BRI dan BRI.

Baca juga: YBM BRI beri 360 beasiswa untuk dhuafa 23 PTN

Baca juga: 2.050 beasiswa YBM-BRI Smart Scholarship dialokasikan saat pandemi
 
Sedangkan penerima manfaat lainnya, Siti Aisyah juga merasakan hal yang sama. Ia mengaku selalu memakai "Gerobak Bermakna" untuk berjualan setiap hari dan dagangannya selalu habis.

Menurut YBM-BRI, selain membantu pedagang kecil, "Gerobak Bermakna" juga membantu para perajin gerobak di seluruh wilayah Indonesia.
 
Selain membantu pedagang kecil, manfaat dari program "Gerobak Bermakna" ini bukan hanya dirasakan oleh pedagang kecil saja, tetapi juga para perajin gerobak di seluruh wilayah Indonesia.

Pewarta: Budhi Santoso
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021